Sunday

Keistimewaan Dan Keutamaan Puasa Di Bulan Rajab

Bulan Rajab memiliki banyak kekeutamaan didalamnya. Bulan RAJAB itu berasal dari bahasa Arab dari kata Tarjib Berarti Pengagungan, RAJAB memiliki tiga huruf RA, JIM, dan BA. Huruf RA merupakan Rahmat Allah. JIm berarti Judullah  ( kedermawanan Allah ). dan BA yang berarti Birrullah ( kebaikan Allah ).

Adapun Allah mencurhakan Rahmat kepada hamba-Nya dibulan RAJAB berbagai kemulyaan dan pahala yang tidak pernah dilihat mata, didengar telinga dan terlintas dalam hati. dalam hal ini diceritakan oleh syeh imam Hibatullah bin mubarak As suqti dengan sanad dari Al-amasy dari ibrahim dari alqomah dari abu said alkhudri dari Nabi beliau besabda : sesungguhnya jumlah bulan ada dua belas bulan didalam kitab Allah padaa hari ppenciptaan langit dan bumi empat diantarany adalah Haram, Rajab, disebut sebagai Syahrullah al-ashom, tiga diantaranya berturut turut Dzulqodah ,dzulhiijah, dan muharam ( Baca : keutamaan bulan Syura ) kecuali bulan rajab yang merupakan bulan Allah, sya'ban ( baca keutamaan bulan sya'ban ) adalah bulan ku dan Ramadhan bulan umat ku.
ada beberapa keutamaan puasa dibulan Rajab menurut syeh abdul qodir jailany sebagai berikut :
  1. barang siapa berpuasa satu hari pada bulan rajab dengan penuh ke imanan dan mengharapan pahala, diwajikan baginya keridoan Allah yang besar dan dia akan ditempatkan didalam surga firdaus yang tinggi.
  2. barang siapa berpuasa dua hari baginya pahala dua kali lipat seberat gunung gunung didunia
  3. barang siapa puasa 3 hari Allah akan membuatkan parit pemisah anatar neraka dan dirinya jaraknya satu tahun perjalanan.
  4. barang siapa puasa 4 hari dia akan disehatkan dari berbagai penyakit dari segala penyakit.
  5. barang siapa puasa 5 hari baginya akan dilindungi dari azab kubur
  6. barang siapa puasa 6 hari dia akan dibangkitkan dari kubur dengan wajah terang dari pada bulan purnama
  7. barang siapa puasa 7 hari, Allah memiliki 7 neraka akan di tutup untuk dia.
  8. barang siapa puasa 8 hari , Allah memiliki surga 8 pintu akan dibuka untuk dia yang melaksanaknnya.
  9. barang siapa puasa 9 hari, dia akan dibangkitkan dari kuburnya mengucapkan kalimat syahadat dan diarah kan ke surga,
  10. barang siapa puasa 10 hari, Allah membuatkan setiap malam permadani untuk syirat yang dapat digunakan untuk istirahat di atasnya.
  11. barang siapa yang puasa 11 hari, pada hari kiamat tidak ada orang yang lebih baik kecuali yang dia dan yang berpuasa seperti-nya.
masih banyak lagi keistimewan tentang keutamaan puasa di bulan RAJAB, dalam hadis lain Syeh imam hibatullah bin mubarak dengan sanad dari yunus dari hasan dia bercerita bahwa rasulullah bersabda barang siapa berppuasa satu hari dibulan rajab, puasa itu sama dengan puasa tiga puluh tahun.

dalam hadis lain diceritakan dari Abu Hurairah ra Rasululah bersabda :  barangsiapa berpuasa pada hari kedua puluh tujuh bulan rajab akan ditetapkan baginya pahala puasa enam puluh bulan.

itulah keutamaan puasa di bulan Rajab mudah mudahan kita bisa mengamalkan untuk menggapai rida Allah supaya kita selalu mendapat pertolongan-Nya.


Artikel Terkait

Keistimewaan Dan Keutamaan Puasa Di Bulan Rajab
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email