Monday

7 Keutamaan Membaca Surat Arrahman

Keutamaan Surat Arrohman

MARTIZAINFO_ Surat Arrahman merupakan surat ke 55 dalam Al-Quran. Surat ini adalah salah satu surat yang menjadi favorit banyak orang. Selain indah dan nyaman untuk dibaca surat Ar Rahman mengandung arti dan makna yang begitu luar biasa. Surat ini mengingatkan kepada manusia untuk selalu bersyukur.

Kata “Ar-Rahman” sendiri telah membantu kita memuji Allah dengan makna bahwa Allah Maha Pemurah. Apalagi jika membaca Ar Rahman dengan sepenuh hati berserah diri kepada Allah. Betapa banyak keutamaan yang akan kita dapat.
Surat Ar-Rahman. surat ini sudah tidak asing lagi memiliki banyak keutamaan bahkan dikalangan para pesantren karena hampir setiap hari dibaca sebagai amalan amalan rutin yang utama.

Bahkan surat ar-rahman dikalangan orang awam pun yang notabene umat Islam hampir mengenal dan hapal walaupun hanya satu ayat didepanya he he tapi tidak apa apa dari pada tidak hafal dan tidak membaca. artinya apa surat arahman ini begitu mendalam dalam kalangan umat islam.
Kenapa surat arahman banyak dikenal dikalangan orang awam? Surat arrahman dikenal dikalangn orang awam terutama dikalangan kaum adam, rata rata mereka memiliki pemaknaan kusus dalam mengenal surat arahman biasanya dikenal sebagai surat supaya mudah dapat Jodoh. Lepas dari persoalan itu yang jelas surat arahman ketika kita baca memiliki pahal yang besar, dan memiliki keutaman yang banyak.

Tetapi hendaknya ketika kita mebaca al-quran kususnya surat arohman kita niatkan pertama mengharap rido Allah subhanahuwataalah. Yang kedua mudah mudahan mendapat barokah dari bacaan membaca surat Arohman.
Beberapa Keutamaan Membaca Surat Arrohman antara lain :
1.jika kita baca terus menerus paling tidak satu hari satu kali , memiliki daya tarik sendiri bagi sipembacanya banyak disukai orang dan membawa mahabah pada orang yang melihatnya.
2.bisa mendatangkan rizki jodah , supaya cepat dikarunia jodoh.
3.dalam riwayat hadis di jelaskan : Imam Ja’far Ash-shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat ‘FABIAYYI ALAA 'IRAABIKUMAA TUKADZDZIBAANN’, ia mengucapkan: Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan), jika saat membacanya itu pada malam hari kemudian ia mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid; jika membacanya di siang hari kemudian mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).
4.menyejukan hati bagi siapa saja yang membacanya.
5.bagi seorang pemimpin bacalah surat arahman setiap hari supaya di cintai bawahanya.
6.dalam riwayat lain  dijelaskan : Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Jangan tinggalkan membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhannya bersamanya pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah, dan baunya paling harum. Pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang lebih dekat dengan-Nya daripadanya.
7.menjadikan keluarga saling menyayangi bila didalam rumah selalu dibacakan surat arahman insya Allah

Cara Mengamalkan Membaca Surat Arahman
Sebelum membaca surat arahman sebaiknya
pertama kita bersihkan hati kita dari sifat serakah.
Kedua : mintalah ampun pengampuna dari Allah.
Ketiga: maafkan umat islam seluruhnya.
Keempat : niat ikhlas mengharap ridho Allah.
Ke Lima ; setelah membaca surat arrahman berdoa , jangan lupa membaca solawat pada Nabi
Keenam : mintalah hajat kamu dengan ikhlas dan jangan berlebihan.
Itulah sekilas tentang surat arahman mudah mudahan bermanfaat insya Allah

Artikel Terkait

7 Keutamaan Membaca Surat Arrahman
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email