Monday

Hadis Tentang Keutamaan Silaturahim Sesama Tetangga

Menyambung tali silaturahim Ternyata Banyak mengandung keutamaan yang bisa di dapat dari silaturahmi jika dilakukan dan diamalkan dikehidupan sehari hari. 

Bahkan hal itu sering disampaikan Nabi dalam hadis tentang menyambung tali silaturahmi banyak keutamaan. dan juga banyak ulama yang menjelaskan tentang betapa penting-nya silaturahim itu dan membawa banyak keutamaan dan Manfaat didunia.

Berikut beberapa keutamaan silaturahim yang akan di peroleh jika mau mengamalkannya dalam ke hidupan sehari-hari bersama keluarga saudara teman tetangga dan lain lain sebagainya :

1. Silaturahim bisa menambah rizki 
Dengan kita bersilaturahim maka kita akan memperoleh keutamaan yaitu Rizki kita akan ditambah keberkahannya oleh Allah. karena  sebab bersilaturahim itu sendiri. bahkan dengan silatrahim menjadikan persauadaran antara keluarga menjadi erat dan bisa dijadikan saling tolong menolong atau saling membantu dalam hal ke baikan .

Dalam hadis Nabi di jelaskan dengan bersilaturahim maka rizki akan di mudahkn Allah.
Artinya :"Barang siapa yang suka untuk dilapangkan rizkinya dan diabadikan namanya dimasyarakat hingga setelah wafatnya, hendaklah menjalin silaturahim"(HR.Bukhori Dan Muslim)

2. Dengan Silaturahim menambah Usia / Umur
Siapa yang tidak suka usianya di tambah atau dipanjang umurnya?.. pasti semua orang menginginkan usianya akan dipanjangkan oleh Allah, walaupun pada ahirnya akan meninggal juga. 

Jika anda ingin umurnya diberi keberkahan oleh Allah sehingga punya umur bermanfaat untuk kebaikan, maka hendak lah banyak silaturahim kepada saudara, teman, keluarga dan tetangga. Dengan memperbanyak silaturahim insya Allah Umur Kita akan berkah.

Dalam Hadis Nabi Di jelaskan,
Artinya:"Barang Siapa dikaruniai kelemahlembutan, berarti telah dikeruniai kebaikan didunia dan akhirat, adapun silaturahim serta berakhlak mulia dan bertetangga secara baik akan menambah usia" (HR. Ahmad)

3.Dengan Silaturahim Allah Mudah Mennolong disaat kesulitan.
Jika anda dalam kehidupann ini ingin mudah mendapatkan pertolongan dari Allah hedaklah banyak bersilaturahim, dengan kita bersilaturahim itu dijadikan sebagai sarana Allah akan mempermudah memberi pertolongan. 

Diceritakan Pernah ada seorang laki-laki datang kepada Nabi dan mengadu:"sesungguhnya aku mempunyai sanak kerabat aku menjalin silaturahim dengan merek, tetapi mereka memutuskanya, aku berbuat baik kepada mereka, tetapi mereka berbuat buruk derhadapku, aku bersikap santun terhadap mereka, tetapi mereka bersika kasar kepada ku" maka Nabi bersabda:' jika keadaanmu seperti yang kamu ceritakan, maka ibaratya kamu selalu menaburkan abu panas kepada mereka dan kamu akan senantiasa diiringi oleh penolong dari Allah selama kamu dalam keadaan seperti itu."HR Muslim)

4. Dengan silaturahim maka Allah menjalin hubungan dengannya.
Keutamaan yang hebat, jika kita mau bersilaturahim ternyata Allah akan menjalin hubungan dengan orang yang mau bersilaturahim, siapa yang tidak senang jika Allah menjalin hubungan denganya. 

Oleh karena itu maka kita mulai sekarang berusaha untuk bisa bersilaturahmi dengan saudara saudara pada umumnya dengan saudara muslim, supaya Allah senantiasa menjalin hubungan dengan kita,

Dalam hadis, Nabi Bersabda:" Rahim Itu Tergantung d arsy ia berkata: Barang siapa menyambungku maka Allah akan menyambung hubungan dengannya, dan barang siapa yang memutuskanku Maka Allah akan memutuskan hubungan dengannya." (HR.Bukhoi DanMuslim)

5. Silaturahim menumbuhkan kecintaan kepada keluarga,
siapa yang ingin dicintai keluarga maka banyaklah bersilatrahmi kepada keluarga tanpa memandang setatus mereka baik kaya maupun miskin, baik punya jabatan maupun rakyat jelata,

silaturahim kadang dalam masyarakat kita, masih suka memandang orangnya jika mau bersilaturahim, semisal saudara yang kaya sering dikunjungi tapi kalau saudara miskin jarang dikunjungi bahkan kadang tak pernah sama sekali sampai putus hubungan. hal seperti itu hendaknya jangan sampai dilakukan, karena dengan kita memutuskn tali persaudaraan akan menjadikan saudara saudara menjadi cerai berai, 

Maka sebaiknya kita selalu menjalin silaturahmi supaya untuk memperkokoh kekeluargaan, sebagai mana dalam sabda Nabi :" Pelajarilah nasab kalian, sehingga kalian bisa  menjalin hubungan rahim diantara kalian sesungguhnya silaturahim itu dicintai ditengah keluarga, menambah kekayaan dan membanjangkan sebutan," (HR.Thabrani)

6. Dengan silaturahim dosa akan diampuni oleh Allah.
salah satu keutamaan silaturahim yang agung adalah  seseorang yang bersilatrahim itu dosa -dosanya akan diampuni oleh Allah, oleh karena itu lakukanlah selalu bersilaturahim karena dengan itu dosa kita akan diampuni oleh Allah,

sebagaimana dikisahkan dalam sabda Nabi :" Ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi ia berkat : sesungguhnya aku telah melakukan dosa yang besar , bisahkah tobatku diterima,? Nabi bertanaya :"apakah kamu mempunyai sorang ibu ? ia menjwab "Tidak" Nabi bertanya lagi :"apakah kamu mempunyai bibi? ia menjaawab Ia , Nabi bersabda :"berbaktilah kepadanya" (HR.Tirmidzi, Ibnu Hiban Dan Hakim)

7. Dengan bersilaturahmi pahala dilipatgandakan.
siapa yang ingin dilipatgandakan dalam beramal soleh maka hendaknya ia bersialturahim, karena dengan bersilaturahmi kita akan mendapat pahala dua yang pertama pehala sedekah dan yang kedua pahala silatrahim,

sebagaimana dalam hadis nabi dijelaskan :"Sedekah kepada orang miskin sedekah biasa, sedangkan sedekah kepada orang yang memiliki hubungan rahim berpahala dua yaitu :" pahala sedekah dan pahala silaturahim .(HR ,Nasa'i)

Itulah beberapa Manfaat silaturahim jika kita mau mengamalkanya didalam kehidupan sehari hari, bisa diperoleh didunia maupun diahirat kelak,

mudah mudahan kita dimudahkkan untuk bisa bersilaturahim kepada saudara, keluarga teman dan kerabat,

Bagaiman silatuurahim itu Bisa dijalin?
Jika anda inggin menjadi orang sukses duania dan ahirat maka jalinlah hubungan silaturahim dengan saudara dan teman. dengan apa kita menjalin bersaudaran supaya tetap erat dengan kita selalu mendatangi rumahnya, atau dengan mengucapkan salam disaat kita bertemu teman atau saudara kita muslim.

Artikel Terkait

Hadis Tentang Keutamaan Silaturahim Sesama Tetangga
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email