Wednesday

Makam Keramat Sesepuh Ditegal

Makam Keramat Di Sekitar Kota Tegal
MARTIZAINFO_ Tempat Makam Wali Allah Di Tegal / Slawi atau sering di sebut Makam yang memiliki keramat, Tegal adalah salah satu kabupaten yang ada dijawa tengah.
Baca Juga : Tempat Makam Wali Songo
Dimana memiliki banyak cagar budaya yang masih dilestarikan, terutama makam makam orang orang soleh yang ada di tegal yang kita kenal dengan para waliyullah yang ada ditegal, bahkan mereka setiap tahunya diadakan haul dengan pengajian akbar yang para pengunjungnya pun berbagi daerah yang ada diindonesia.

Di Tegal memiliki banyak para wali yang menyebarkan agama Islam, sampai sekarang makam beliau masih selalu ramai dikunjungi warga tegal kususnya, mereka terkenal dengan kewalian-nya. berikut beberapa tempat makam wali Allah yang ada di Tegal jawa tengah Yang terkenal memiliki keramat antara lain:

Ki Gede Sebayu

Menurut silsilah, Ki Gede Sebayu keturunan darah bangsawan dari Batoro Katong atau Syech Sekar Delima (Adipati Wengker Ponorogo). Ayahnya bernama Pangeran Onje (Adipati Purbalinga). Sejak kecil, Ki Gede Sebayu diasuh oleh eyangnya yaitu Ki Ageng Wunut yang selama hidupnya menekuni Agama Islam.
Beliau adalah sosok pendiri kabupaten tegal, yang sekaligus penyebar agama islam di tanah tegal yang terkenal dengan kesaktianya dan kewalinya di tanah tegal.
Makam beliau ada di Desa Danawarih Kec. Balapulang Kab. Tegal

Pangeran Angawana

Ki Ageng Anggawana merupakan tokoh di balik berdirinya Kota Tegal, dan yang memimpin Tegal sepeninggal ayahnya, Ki Gede Sebayu, sejak 1620 hingga 1625, 
Baca Juga : Sejarah asal usul kota tegal
Di samping Makam Ki Ageng Anggawana, terdapat masjid wali atau masjid kesepuhan yang menjadi pusat peribadatan masyarakat sekitar atau para peziarah. Setiap malam Jumat Kliwon, makam ini selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah, bahkan saat fenomena politik sudah terjadi, banyak tokoh-tokoh daerah, Bupati atau Calon Bupati, calon DPR, berziarah mengunjungi kedua makam ini
Makam Pangeran Hanggawana Desa Kalisoka, Kec Dukuhwaru.

Pangeran Purbaya

Pangeran Purbaya merupakan putera Sultan Agung dari Kerajaan Mataram dan sebagai menantu Ki Gede Sebayu, dengan memperistri  Raden Rara Giyanti. Sebelum menjadi menantu Ki Gede Sebayu beliau  meningkatkan ilmunya, berguru kepada Ki Gede sebayu di Karangmangu.

Sejarah peningaalan Pangeran Purbayaan atara lain membangun masjid jami’ di Padepokan Pesantren Desa Kalisoka. Yang sampai sekarang tidak pernah sepi pengunjung dari berbagai daerah baik tegal maupun luar daerah tegal.
Pangeran Purbaya dimakamkan di Desa Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru.
Mbah Panggung atau Sayyid Syarif Abdurrahman 

Mbah Panggung atau Sayyid Syarif Abdurrahman,  salah satu tokoh yang tidak pernah lepas dari bahasan sejarah Tegal. Di mana ada literatur yang membahas mengenai sejarah Tegal, Mbah Panggung sosoknya hampir tidak pernah terlewatkan. 

Tempat makamnya ada Di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal teradapat entah makam atau petilasan dari Mbah Panggung, namun warga sekitar meyakin bahwa di tempat tersebut merupakan makam Mbah Panggung.
Tempat makam : Jl. Kh. Zaenal Arifin No.3, Panggung, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52122

KH. Armia

Beliau adalah Pendiri Pon Pes Attauhidiyyah Didirikan oleh KH. Armia pada tahun 1880, di desa Cikura, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Desa Cikura yang konon awalnya bernama desa Pemulian, kemudian berubah nama menjadi desa Syukura/ Cikura.

KH. Sa’id bin KH. Armia

KH. Sa’id bin KH. Armia adalah seorang waliyullah dari Tegal, Jawa Tengah. Beliau adalah seorang Kyai yang zuhud dan wira’i. Dalam kehidupan rumah tangganya serba pas-pasan tidak muluk-muluk laiknya para Pejabat yang serba mewah, padahal beliau sang Kyai adalah Kyai terkenal dan sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Attauhidiyyah Giren,

KH. Said adalah seorang ulama dan waliyullah yang wafat pada tahun 1974, dan dimakamkan tak jauh dari Ponpes At Tauhidiyyah, Giren, Talang, Tegal. Setiap tahun, di Ponpes ini diadakan Haul KH. Said bin KH. Armia yang dihadiri oleh ribuan jamaah dari berbagai daerah di Nusantara.

Makam Al Habib Muhammad Bin Thohir Al Haddad Tegal

Makam Al Habib Muhammad Bin Thohir Al Haddad, Kraton, Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah 52112.

Itulah bebrapa waliyullah yang ada di daerah tegal yang sudah tidak asing lagi dikalangan orang tegal sendiri, sebetulnya masih banyak wali Allah yang ada di daerah tegal yang belum saya sebutkan, mudah mudahan sedikit bisa membantu anda yang hendak berziarah ke makam beliau untuk mencari barohkah dari Allah melalui para wali-Nya.

Artikel Terkait

Makam Keramat Sesepuh Ditegal
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email