Tuesday

Hadis Tentang Tolong Menolong Sesama Muslim

Hadis Tentang Tolong Menolong sesama Manusia 
MARTIZAINFO- Dalam Al-Qur'an Dan Hadis Di printahkan untuk tolong menolong dalam hal kebaikan dan dilarang tolong menolong dalam hal keburukan. Dalam Surat al-maidah /5:2 dijelaskan yang artinya.

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya [al-Mâidah/5:2"

Manusia adalah mahluk sosial, artinya mahluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. manusia itu harus saling tolong - menolong dan saling bantu - membantu orang yang mebutuhkan pertolongan dalam hal kebaikan
Baca Juga : Hadis Tentang Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua
Manusia sebagai mahluk Tuhan tidak ada yang sempurna dan tidak bisa menyamai pencipta-Nya, tidak ada satupun orang yang dapat hidup sendiri tanpa pertolongan dan Bantuan Orang Lain, sekalipun dia dipandang Orang Kaya. 
Tolong menolong - lah sesama tetangga yang sedang membutuhakn pertolongan. maka Allah Akan menolong kamu disaat dalam keadaan kesusahan.
Baca Juga : Hadis mencintai dan Menyantuni / menolong anak yatim piatu

Oleh karena itu sebagai manusia mahluk sosial kita harus saling Tolong Menolong dalam hal kebaikan sesamanya, baik menolong dari segi harta maupun segi tenaga dan pikiran dan lain sebagainya.

Karena Tolong Menolong sendiri diprintahkan oleh Allah dan Rosulnya. dengan kita saling tolong menolong maka akan ada rasa kasih sayang kepada kita apalagi sesama umat islam Tolong menolong itu wajib selagi tolong menolong itu hal yang tidak dilarang oleh agama Islam.
Baca Juga : Hadis Tentang Keutamaan Memaafkan Kesalahan Orang Lain 
Ada beberapa Hadis Nabi menjelaskan Tentang Tolong Menolong Kepada sesama, berikut hadis yang menjelaskan Tentang Tolong Menolong berikut hadis dan terjemahanya:

 وَ اللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَادَامَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ اَخِيْهِ ـ رواه مسلم و ابو داود و الترمذى
Artinya: “Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong sesama saudaranya.” (H.R. Muslim, Abu Daud, dan Turmuzi).

"Seorang mumin terhadap mumin lainya sumpama bangunan saling mengokohkan satu dengan yang lain.(kemudian Rasulullah SAW, merapat jari-jari tangan beliau)." (muttafaqun alaihi) 

hadis diatas menjelaskan tentang perumpamaan jari jari jika dirapatkan menjadi 1 maka tangan itu akan kokoh, begitu pula orang islam maupun suatu kelompok jika bersatu satu tujuan dan saling menolong maka akan kokoh dan tidak mudah terkena hasudan dari yang lain.

Hadis Lain Nabi Bersabda :
"Orang Islam Ibarat Satu Tangan terhadap orang orang yang diluar mereka."
hadis ini menjelaskan yang sama kalau kita bersatu seperti tangan yang utuh maka akan kuat tangan kita jika untuk membawa atau mengangkat apa yang berat, sama dengan kita menolong dengan saudara kita yang dalam kesulitan jika mereka ditolong akan menjadi ringgan beban bebannya,

Dalam hadis lain menjelaskan Tolong Menolong itu Sodaqoh
"Pertolongan mu terhadap orang lemah adalah sodaqoh yang paling utama." (HR.Ibnu Abi Addunia dan Asysyihaab)

itulah begitu pentingnya saling tolong menolong sehinga tolong menolong merupakan sodaqoh yang paling utama, karena orang yang menolong kepada orang yang dalam kesusahan itu sangat diharapkan, berbeda dengan orang yang memberi sodakoh kepada orang yang tidak membutuhkan sekali.

bahkan jika kita menolong saudara atau teman bahkan orang lain, Allah akan menolong kita disaat kita dalam keadaan mengalami kesusahan, sebagaimana sabda Nabi :
"Allah selalu menolong orang selama orang itu selalu menolong saudaranya"(HR.Ahmad)

Oleh karena itu mari kita berlomba lomba menolong orang lain terutama orang Islam, selagi permintaan pertolongan orang tersebut dalam hal yang tidak dilarang Agama Islam, supaya kita selalu ditolong oleh Allah, dengan kita meringankan kesusahan orang lain Insya Allah, Allah akan meringankan beban kita yang ada didunia adan akan menlolong kita diahirat kelak nanti sebagaimana sabda Nabi :
"barang siapa yang berusaha melapangkan suatu kesusahan kepada seorang mumin dari kesusahan kesusahan didunia, maka Allah akan melapangkannya dari kesusahan di hari kiamat dan barangsiapa yang berusaha memberikemudahan bagi orang yang kesusahan, maka Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan diahirat, Barangsiapa berusaha menutupi kejelekan orang islam, Allah akan menutupi kejelekan didunia dan diahirat. Allah selalu membantu hambanya selama hamba itu menolong sesama saudaranya." (HR.Muslim)

Begitulah hebatnya orang yang menolong didunia ia akan ditolong Allah didunia dan ahirat, bahkan jika kita menutup nutupi aib saudara muslim, Allah akan menutupi pula kesalahan kita diahirat kelak, Bahkan dalam penjelasan hadis diatas Allah menyatakan akan selalu menolong hambanya jika hamba tersebut selalu menolong saudaranya, intinya sekecil apapun yang kita berbuat untuk menolong saudaranya Allah pasti akan membalas dengan kebaikan kebaikan didunia maupun diahirat kelak. aamiin

Salam Dakwah.
Baca Juga Artikel Lainnya :  
Hadis Keutamaan Orang Dermawan
Hadis Kutamaan Orang Sabar dan Ikhlas

Artikel Terkait

Hadis Tentang Tolong Menolong Sesama Muslim
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email