Thursday

Hadis Tentang Keutamaan Sifat Sabar dan Ikhlas

Keutamaan Orang Sabar Dalam Kehidupan Sehari Hari.
Hadis keutamaan orang sabar dan ikhlas Kata sabar memang gampang di ucapkan dan juga gampang orang menyampaikan kata kata sabar kepada orang lain yang sedang tertimpa musibah atau cobaan.

Sabar adalah sifat yang menahan diri dari hal hal yang tidak kita senangi supaya tetap ikhlas menjalani kehidupan yang sudah di taqdirkan oleh Allah dengan sepenuh hati hanya mengharap Rido Ilahi. Maka umat islam diajarkan baginda Nabi untuk selalu bersabar disaat kita mendapatkan suatu yang tidak kita senangi. dan kita dianjurkan untuk selalu bersyukur kepda Allah disaat kita mendapat nikmat yang kita senagi.
Baca Juga : Hadis Tentang Tolong Menolong sesama Manusia
Sebagai mana digambarkan dalam hadis Nabi tentang gambaran seorang muslim :

عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَهُ
“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim)

Itulah begitu hebatnya seorang muslim jika mengamalkan apa yang disampaikan baginda Nabi : didunia ini tidak ada yang disesali dan tidak ada yang di benci, semua menjadi indah jika kita jalani dengan sabar dan bersyukur kepada Allah. Tapi hal ini butuh proses bagi setiap orang muslim. tidak sertamerta bisa langsung seperti itu,

Nabi Dalam Hal Sabar Membagi 3 Jenis Sabar :

Pertama : Sabar Dalam Berbuat.
Sabar dalam berbuat artinya kita dituntut untuk sabar dalam menghadapi beraneka ragam hambatan, rintangan, dan kesulitan untuk mencapai suatu tujuan baik tujuan duniawiyah maupun ukhrowiyah. dalam hal duniawiyah seperti ketika mencari maisyah atau untuk keperluan hidup, kadang ada yang dengan jalan mudah adapula yang jalan rizkinya sempit, hendaklah sabar dalam menghadapinya semua pasti ada hikmah dari Allah yang lebih baik jika kita mau bersabar.
dalam hadis Nabi dijelaskan :
"Tidak ada suatu rezki yang Allah berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya dari pada sabar."(HR.Al-Hakim)

Sabar dalam berbuat mencari tujuan ahirat yang diridoi Allah ketika kita saat dalam kecapaian atau kesibukan kita tetap dituntut solat lima waktu, disaat kita sedang paceklik kita juga berusaha sedakoh se ihlasnya, keimana kita dituntut untuk terus naik sampai mendapat pertolongan Allah.
dalam hadis :
"Sabar adalah separuh iman dan keyakinan adalah seluruh keimanan"(HR.Athabrani dan Al Baihaqi)

Kedua Sabar Dalam Menghadapi Cobaan / musibah atau Sakit tak kunjung sembuh. 

Sabar dalam hal ini memang tidak mudah, karena hanya sipelakunya lah yang tau betapa deritanya yang dialami, tapi jika sipelaku yang sedang terkena musibah dan dihadapi dengan sabar maka pahala Allah untuk nya besar sekali. mungkin bisa menjadi kenaikan tingkat dari sifat ketakwaanya. karena dalam hadis disebutkan ada 3 pusaka kebajikan sebagai mana disampaikan dalam hadis Nabi :
"Ada 3 hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh(yang kita keluarkan)."(HR. Athobrani)

Dan Ingat mungkin cobaan itu datang Allah hendak mengangkat drajat kita yang lebih baik lagi, jika kita memang dalam perbuatan sehari hari selalu berbuat baik. Tetapi jika perbuatan kita dalam sehari hari tidak baik itu namanya bala' atau teguran dari Allah untuk segera bertaubat. 

Maka bersabarlah tatkala musibah itu datang. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita karenanya. Semoga Allah mengangkat derajat kita karenanya. Semoga kita lulus ujian sebagai orang yang benar-benar beriman karena kesabaran merupakan bagian dari iman.

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لا يُفْتَنُونَ (٢)وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ (٣)

”Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (Qs. Al-‘Ankabut: 2-3)

Ketiga : Sabar Dalam Menahan Marah
Sabar dalam menahan marah berarti sabar dalam menghadapi sesuatu yang dapat menimbulkan kemarahan. sabar ini perlu dilatih dan dipupuk supaya sampai mendarah daging, sedikit demi sedikit . Orang yang sabar menahan amarah jiwanya akan tenang dan damaih serta menyelesaikan persoalan dengan kepala dingin.

orang sabar akan disayang Allah . mereka akan mendapat berkah, rahmat dan petunjuk-Nya oleh karena itu, orang orang yang sabar akan selalu didampingi dan disertai oleh Allah SWT.

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

”Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S az-Zumār:10)

mudah mudahan kita dijadikan orang Islam yang bersabar dan bersyukur.

Artikel Terkait

Hadis Tentang Keutamaan Sifat Sabar dan Ikhlas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email