Friday

Tempat Makam Wali Songo Cagar Budaya Nusantara

Tempat Makam Wali Songo Cagar Budaya Nusantara

Martizainfo. Sejarah Wali Songo, merupakan 9 orang tokoh wali bersejarah yang ikut andil dalam penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa, dan sampai sekarang nama - nama beliau sebagai sunan masih harum di kalangan umat Islam bahkan ajaranya juga masih di lestarikan sampai sekarang. 

Makam para Wali Songo Ini pun makin hari kian ramai tidak pernah sepi dari penziarah / Sebagai Wisata Religi baik dari berbagai daerah apalagi di hari kalender Islam libur begitu padat makam para wali songo sampai bergantian dengan antrian untuk berdo'a. Berziarah ke makam Wali 9 harus kita kenalkan kan pada generasi penerus kita untuk menjaga sejarah perkembangan Islam Di Indonesia.

Sebelum membaca alamat makam wali wali, baca Kisah / sejarah Masing masing sunan wali 9 klik Nama nama sunan wali songo, seperti Sunan Ampel. Syekh Maulana Malik Ibrahim. sunan Giri. Sunan Bonang. Sunan Kalijaga. Sunan Kudus. Sunan Drajat. Sunan Muria. Sunan Gunung Jati

Dalam ber- ziarah hendaknya jangan meminta kepada wali songo akan tetapi meminta langsung kepada Allah ziarah itu hanya kita berwasilah kepada mereka, karena para wali songo adalah orang orang soleh yang selalu dekat dengan Allah. 

Berikut tempat makam para wali songo yang selalu ramai dengan penziarah Di Berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara baik beragama Islam maupun Non Muslim yang hanya sekedar ingin tahu tempat tempat bersejarah atau hanya sekedar wisata Tour saja.

Pertama, Tempat Makam Sunan Ampel
Sejarah Sunan Ampel adalah salah seorang wali di antara 9 Wali songo yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa. Ia lahir 1401 di Champa
Tempat Makam Sunan Ampel Jalan KH. Mas Mansyur Kelurahan Ampel, semampir Surabaya Jawa Timur. Tepatnya dijalan Nyamplungan.


Salah satu tempat wisata / situs di Surabaya ini yang ramai dikunjungi warga muslim karena lokasinya yang berada di tengah kota dan didukung jalur transportasi yang lancar. dan Juga memiliki sejarah Islam di tanah jawa.
Gambar :
gambar / foto wali songo

Kedua, Tempat Makam Sunan Giri
Sejarah Sunan Giri adalah nama salah seorang Wali songo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton, yang berkedudukan di daerah Gresik, Jawa Timur. Sunan Giri membangun Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Jawa, yang pengaruhnya bahkan sampai ke Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.
Baca Juga: Rute ziara wali songo, dari jawa tengah ke jawa timur lalu madura dan jawa barat
Sunan Giri memiliki beberapa nama panggilan, yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden 'Ainul Yaqin dan Joko Samudro. Ia lahir di Blambangan tahun 1442, dan dimakamkan di desa Giri, Kebomas, Gresik.

Sampai sekarang makam Sunan Giri dijadikan wisata religi, dan juga sebagai tempat bersejarah bagi umat islam di tanah jawa,
Alamat Makam Sunan Giri: Jl. Sunan Giri, kec. Kebomas, Gresik, Jawa Timur.
Gambar :
gambar / foto wali songo Sunan Giri

Ketiga, Tempat Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim
Sejarah Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim (w. 1419 M/882 H) adalah nama salah seorang Wali songo, yang dianggap yang pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Ia dimakamkan di desa Gapurosukolilo, kota Gresik, Jawa Timur.

Tempat Makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik ini berada di tepi Jalan Malik Ibrahim di Desa Gapuro Sukolilo, 
Gambar :
gambar / foto wali songo Syeh Maulana Malik Ibrohim
Keempat, Tempat Makam Sunan Drajat
Sejarah Sunan Drajat salah satu dari wali songo diperkirakan lahir pada tahun 1470 Masehi. Nama kecilnya adalah Raden Qasim, kemudian mendapat gelar Raden Syarifudin. Dia adalah putra dari Sunan Ampel, dan bersaudara dengan Sunan Bonang.

Untuk pengenalan sejarah budaya bagi dunia pendidikan, di sekitar makam Sunan Drajat dibangun Museum Sunan Drajat dan bisa diakses masyarakat umum secara gratis.

Tempat makam Sunan Drajat di daerah Paciran, Lamongan, Jawa Timur.
Gambar :
Sunan Drajat
Kelima, Tempat Makam Sunan Bonang
Sejarah Sunan Bonang adalah bagian dari wali songo beliau memiliki beberapa versi cerita. Ada yang mengatakan Sunan Bonang dimakamkan di 3 lokasi, yaitu Rembang, Tuban, dan Pulau Bawean. Namun sebagian besar ulama dan ahli sejarah setuju bahwa makam asli Sunan Bonang berada di kota Tuban, Jawa Timur. Makam tersebut berada di sebelah barat Masjid Agung Tuban, tepat di salah satu sisi alun-alun Kota Tuban.

Alamat Makam Sunan Bonang:  Jl. Gajah Mada , Sukolilo, Tuban , Jawa Timur.
Gambar :
Sunan Bonang
Keenam, Tempat Makam Sunan Muria

Sejarah Sunan Muria di Gunung Muria adalah sebuah gunung di wilayah utara Jawa Tengah bagian timur, yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kudus di sisi selatan, di sisi barat laut berbatasan dengan Kabupaten Jepara, Di gunung muria ini ada makam wali Songo bernama Sunan Muria

Sebelum mencapai makam Sunan Muria tersebut, wisatawan harus menguji mental dan fisik untuk melewati jalur mendaki dan terjal menuju lokasi makam. Namun kini sudah ada layanan ojek yang mendukung wisata ini.

Alamat Makam Sunan Muria : Desa Colo, kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Propinsi Jawa Tengah.
Gambar :
Gambar Sunan Muria
Ketujuh, Tempat Makam Sunan Kudus
Sejarah Dan Kisah Sunan Kudus adalah salah satu penyebar agama Islam di Indonesia yang tergabung dalam walisongo, yang lahir pada 9 September 1400M/ 808 Hijriah. Nama lengkapnya adalah nama Sayyid Ja'far Shadiq Azmatkhan. Ia adalah putra dari pasangan Sunan Ngudung.

Sesuai namanya, makam Sunan Kudus berada di Kota Kudus, Jawa Tengah. Lokasi makam tak jauh dari Masjid Kudus yang memiliki menara mirip bangunan candi Hindu. Salah satu tempat wisata Religi di Jawa Tengah ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingi berziarah

Alamat Makam Sunan Kudus: Jl. Menara, Kudus, Jawa Tengah.
Gambar :

Sunan Kudus

Kedelapan, Tempat Makam Sunan Kalijaga Di Demak
Sejarah Sunan Kalijaga adalah seorang tokoh Wali Songo yang sangat lekat dengan Muslim di Pulau Jawa, karena kemampuannya memasukkan pengaruh Islam ke dalam tradisi Jawa. Makamnya berada di Kadilangu, Demak. 

Sunan Kalijaga diperkirakan lahir pada tahun 1450 dengan nama Raden Said. Dia adalah putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur. Nama lain Sunan Kalijaga antara lain Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman. Berdasarkan satu versi masyarakat Cirebon, nama Kalijaga berasal dari Desa Kalijaga di Cirebon. Pada saat Sunan Kalijaga berdiam di sana, dia sering berendam di sungai (kali), atau jaga kali.
Kota Demak bukan hanya terkenal dalam bidang sejarah budaya karena pernah berdiri Kerajaan Islam Demak. Disana juga terdapat makam Sunan Kalijaga. Lokasi makam Sunan Kalijaga sendiri agak ke daerah pinggiran kota Demak.  Inilah salah satu obyek wisata di Jawa Tengah yang memiliki nuansa Jawa yang sangat kental.

Alamat  Makam Sunan Kalijaga: Jl. R. Sahid, Kadilangu,Demak, Kecamatan Jati, Kudus, Jawa tengah.
Gambar :

Sunan Kalijaga

Kesembilan, Tempat Makam Sunan Gunung Jati
Sejarah Dan kisah Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah, lahir sekitar 1450 M, namun ada juga yang mengatakan bahwa ia lahir pada sekitar 1448 M. Sunan Gunung Jati adalah salah satu dari kelompok ulama besar di Jawa bernama walisongo. Sunan Gunung Jati merupakan satu-satunya Walisongo yang menyebarkan Islam di Jawa Barat.


Makam Sunan Gunung Jati, salah satu makam Wali yang berada di Jawa Barat. Lokasi makam berada di salah satu daerah di kota Cirebon, Jawa Barat. Makam Sunan Gunung Jati berhiaskan ornamen dan piring antik dari China. Menurut sejarah yang beredar di masyarakat, Sunan Gunung Jati semasa hidupnya pernah menikahi Putri Ong Tien dari China sehingga budaya Tiongkok tampak dalam peninggalan sejarah di Cirebon.

Alamat Makam Sunan Gunung Jati : Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Kalisapu, Cirebon

Itulah tempat makam wali songo yang ada ditanah jawa.
Gambar :

sunan Gunung Jati

Baca Artikel lain :
Cerita Lengkap Sunan Gunung Jati


modifikasi blog: belajar modif dengan script
http://www.martizainfo.com/2016/12/tempat-ziarah-wali-songo-di-tanah-jawa.html

      Artikel Terkait

      Tempat Makam Wali Songo Cagar Budaya Nusantara
      4/ 5
      Oleh

      Berlangganan

      Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email