Friday

Hadis Tentang Saling Menghormati Sesama Manusia

Saling menghormati sesama manusia lebih lebih sesama umat muslim itu sangat di printahkan oleh Rasulullah. karena dengan adanya kita saling menghormati sesamany maka akan terjadi kehidupan yang harmonis baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.

untuk menumbuhkan sifat saling tolong menolong itu dibutuhkan sifat ramah, cinta kasih sayang, sehingga diantara sesama tidak ada rasa sifat sombong. sifat sombong inilah yang akan menjadikan kita kehilangan sifat saling menghormati. hal ini sering terjadi ketika ada persoalan baik dalam rumah tangga maupun masayarakat.

Iklan " Jasa Penerjemah Tersumpah"
siapa saja yang memiliki sifat sombong dia tidak akan menghargai orang lain alias tidak menghormati orang lain baik orang yang sudah tua maupun masih mudah. karena itu sifat raham dalam keluarga dan masyarakat sangat di butuhkan supaya terjalin saling menghormati.

berikut hadis yang menjelaskan betapa pentingnya saling menghormati antara lain :
dalam hadis :

artinya : Bukanlah termasuk golongan kami ( Islam ) orang yang tidak menyayangi yang muda dan tidak menghormati yang tua." ( HR.Abu Daud dan Tirmidzi ).

dalam hadis diatas mengajarkan kepada kita untuk saling menghormati sesama umat manusia terutama orang islam, yang mudah harus menghormati orang tua sekalipun orang tua tersebut bodoh dalam ilmu lebih pandai yang muda. dan yang tua harus ada punya sifat kasih sayang terhadap anak mudah sebagai generasi penerus.

Baca Juga : Hadis Saling Menolong sesama manusia
adanya saling menghormati karena keduanya yang muda dan yang tua memiliki ahlak yang mulia terutama ahlak rahma. sebagai mana disampaikan hadis lain.

artinya : paling sempurna iman seseorang mumin adalah paling baik budi pekertinya " ( HR. Tirmidzi )
sifat ramah adalah sifat baik budi pekertinya yaitu sifat akhlak yang terpuji, dalam sifat ramah melekat pula sifat lemah lembut dan kasih sayang. sifat ini dimiliki orang muminin dan muminat  sebagai mana dimiliki Rasulullah.

oleh karena itu setiap orang islam diharapkan agar :
  1. berhati hati dalam memilih teman dalam bergaul sehari hari.
  2. membunyai teman yang banyak
  3. menjadi teman yang baik, dan setia ketika suka maupun duka
  4. bersifat ramah, lemah lembut, dan kasih sayang terhadap sesamanya..

Artikel Terkait

Hadis Tentang Saling Menghormati Sesama Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email