Monday

Hadis Tentang Dermawan Bagi Muslim

Hadis Tentang Sifat Dermawan
Dermawan atau pemurah hati ialah orang yang suka membantu orang yang membutuhkan. Orang seperti ini rela memberikan hak miliknya kepada orang lain agar dengan tanpa mengharapkan balasan apa pun ( ikhlas )

Orang yang Dermawan atau pemurah hati memang selalu di cintai orang lain, sehingga memiliki keutamaan yang banyak. karena suka mengasihi sesami manusia bahkan sama binatang pun ia selalu mersa sayang. 

Orang dermawan atau orang pemurah itu selalu rela dalam memberikan miliknya demi menolong orang lain tanpa mengharap imbalan dari orang tersebut, hanya mengharap rido dari Allah atau mudah disebut ikhlas.
Sifat dermawan ini sebaiknya ditanamkan sejak dini , sebab dengan kita menanamkan sifat dermawan pada anak maka kelak anak tersebut jika tumbuh dewasa menjadi anak yang suka menolong orang lain atau memberi bantuan orang lain. Contoh dalam melati anak semenjak dini dalam memiliki sifat dermawan ketika ada kotak amal sebaiknya yang memasukan uang recek pada kotak amal itu anak.

Hadis Tentang Orang Dermawan.
Untuk para guru bisa mengajarkan sifat dermawan ini pada siswanya dengan cara diadakanya kotak amal setiap bulan untuk menyisihkan uang jajannya, dan seorang guru atau orang tua baiknya sering memberikan wejangan atau nasihat tentang pentingnya memiliki sifat dermawan seperti yang di ajarkan nabi Muhamad.


Ada beberapa hadis menjelaskan tentang keutamaan orang Dermawan sifat pemurah atau dermawan antara lain :
Pertama : Tangan diatas lebih mulya dari tangan di bawah, pengertian ini seseorang yang suka memberi itu lebih mulya dari orang yang meminta, karena orang yang memberi sifatnya menolong sedangkan orang yang dikasih sifatnya ditolong.
Dalam hadis Nabi Dijelaskan 

yang artinya :
Tangan yang diatas ( pemberi ) lebih baik dari pada tangan yang dibawah ( penerima) “ (H.R.Bukhori)

Kedua : Seorang pemberi lebih dekat Kepada Allah.
Jika kita ingin dekat kepada Allah maka memperbanyaklah bersodaqoh memberi kepda orang yang membutuhkan.dalam hadis Nabi dijelesaskan 

yang artinya :
Maafkanlah kesalahan orang yang murah hati ( dermawan ) sesungguhnya Allah menuntun tangannya jika dia terpleset ( jatuh), seseorang pemurah hati dekat kepada Allah, dekat kepda manusia dan dekat kepada surge. Seorang yang bodoh tapi murah hati ( dermawan ) lebih disukai Allah daripada seorang alim ( tekun beribadah ) tapi kikir.

Ketiga : seorang dermawan akan di balas Allah dengan kemurahan, artinya orang yang dermawan doanya mudah di terima Allah.
Dalam hadis   

yang artinya : kemurahan hati adalah dari kemurahan hati yang di pemberikan Allah. Bermurah hatilah niscahaya Allah bermurah hati kepadamu ( H.R. Athabrani)

Keempat : keutamaan orang dermawan lebih disukai Allah
Ke lima : orang dermawan dijahukan dari api neraka. Dalam hadis Nabi di jelaskan .
Yang artinya : Orang yang bermurah  hati adalah dekat dengan Allah, dekat dengan sekalian manusia dan dijahukan dari api neraka.

Itulah beberapa manfaat dan keutamaan seorang yang memiliki sifat dermawan murah hati pada siapa saja yang membutuhkannya.
Mudah mudahan kita semua yang membaca , selalu menjadi orang yang dermawan aamiin
Terima kasih.

Artikel Terkait

Hadis Tentang Dermawan Bagi Muslim
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email