Saturday

Hikmah Dan Manfaat Ziarah Kubur

Hikmah Ziarah Kubur
MARTIZAINFO_ Utama ziarah kubur adalah bertujuan mendo'akan terhadap mayyit yang diziarahi agar mendapat maghfirah ( ampunan ) dari Allah, dan mendapat rahmat dan pahala, dan banyak mengandung hikmah yang bermanfaat bagi orang yang berziarah kubur baik kemakam wali seperti wali songo atau guru dan orang tua.
Berikut hikmah dari berziarah kubur antara lain :
pertama, mengingatkan akan alam ahirat.
bahwa kelak dialam ahirat manusia setelah mati akan dibangunkan kembali oleh Allah, untuk menerima keadilan dan balasnya atas segala amal perbuatan manusia semasa hidupnya dialam dunia ini.


Semua amal perbuatan manusia tak ada yang tertinggal masing masing akan menadapat balasans sekalipun amal itu tak terlihat oleh manusia, tetapi Allah mengetahui.

kedua, untuk dapat berzuhud terhadap dunia.
zuhud dunia dalam artian memiliki dunia untuk kepentingan ahirat. sehingga orang tidak sampai terpikat oleh dunia, tetapi ia menyalurkan dunia untuk kepentingan ahirat semua orang tau bahwa dunia tidak akan dibawa kekubur tetapi seluruh hartanya ditinggalkan, dunia akan menjadi ahli warisnya.

oleh karena itu kita harus memanfaatkan harta dunianya untuk beramal soleh yang diridoi Allah, sebelum ajal datang.

ketiga, Untuk diambil suri tauladan
setiap manusia akan mengalami seperti itu yaitu mati, yang waktunya tidak dapat di ketahui oleh siapa pun dia kecuali Allah sendiri, ketika ajal sudah datang maka amal ibadah terputus artinya dia tidak bisa bertaubat kepada Allah, 
Baca Juga : Adab ziarah Kubur
apa yang harus diperbuat sebelum ajal datang? tidak lain memperbanyak amal kebagusan dan meninggalkan amal kejelekan dan salah, bertaubat memohon ampun kepada Allah.

itulah hikmah ziarah kubur yang bisa kita ambil manfaatnya

Artikel Terkait

Hikmah Dan Manfaat Ziarah Kubur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email