Thursday

Cara Menghemat Daya Baterai Ponsel Android


Cara Menghemat Daya Bateray Ponsel Android
Android adalah salah satu sistem oprasi populer yang kini merajai pasar HP. penguna android diindonesia terbuka dari berbagai kalangan umur maupun pekerja, dari SD hingga orang tua, anak sekolah, pekerja kantoran dan beberapa profesi lain banyak mengunakan android.

Ada banyak merek yang mengusung android sebagai OS-nya. Ada Samsung, Sony, HTC, Asus, dan masih banyak lagi. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Android adalah kemampuannya untuk mengerjakan banyak tugas. Hp Android bisa diisi oleh berbagai macam aplikasi yang berguna untuk kegiatan sehari-hari. Beberapa dari aplikasi tersebut (seperti email dan jejaring sosial) memerlukan koneksi internet agar bisa update setiap saat.

Di satu sisi, hal di atas memang membantu kelancaran aktivitas harian kita. Akan tetapi di sisi lain, daya baterai android pun menjadi lebih cepat terkuras. Apalagi jika kita juga aktif melakukan kegiatan berselancar di dunia maya. 

Baterai yang habis memang bisa diisi lagi. Akan tetapi akan sangat tidak efektif jika terlalu sering mengisi daya. Apalagi jika pengguna termasuk orang yang mobile. Aksesoris hp seperti power bank mungkin bisa membantu. Tapi tidak semuanya memiliki itu. Lagi pula, tidak ada salahnya jika Anda bisa “mengefektfkan” smartphone Anda.  kini Martiza Aksesoris HP di Tegal memberikan beberapa tips agar baterai android Anda menjadi lebih hemat daya.
 
1.      Mematikan WiFi, Bluetooth, dan GPS 
Barangkali ada beberapa dari pengguna android yang lupa mematikan WiFi. Ketika sedang tidak memerlukan koneksi WiFi, sebaiknya koneksi tersebut dimatikan. Apabila WiFi terus menyala, maka hp kita akan aktif mencari sinyal WiFi. Hal ini menyebabkan terkurasnya daya baterai. Selain WiFi, sebaiknya Bluetooth juga dimatikan jika tidak diperlukan.

GPS juga termasuk salah satu fitur yang mesti Anda matikan jika tidak digunakan. GPS biasanya digunakan untuk mencari lokasi tertentu agar lebih mudah ditemukan atau tidak tersesat. Ketiga  hal tersebut sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Biasanya dalam smartphone sudah terdapat shortcut yang terdapat dalam menu gulir pada menu utama (home screen). 

2.        Mengatur Tingkat Kecerahan Layar
Semakin cerah layar, maka energi yang dibutuhkan pun semakin besar. Oleh karena itu, pergunakan tingkat kecerahan serendah mungkin agar daya baterai menjadi lebih hemat. Akan tetapi Anda juga harus tetap mempertimbangkan kenyamanan saat menatap layar android Anda. 

Dalam android biasanya ada fitur auto brightness. Fitur ini akan otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya ruangan. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan fitur ini karena biasanya, tingkat kecerahan yang diberikan lebih dari yang dibutuhkan. 

Anda bisa mengatur kecerahan secara manual untuk bisa mendapatkan kecerahan minimal tetapi masih enak untuk dilihat oleh mata. 

3.       Mengurangi Widget yang Tidak Dibutuhkan
Sebaiknya, Anda menyortir lagi mana di antara widget-widget di hp yang benar-benar Anda butuhkan. Beberapa widget seperti widget cuaca yang terhubung ke internet barangkali tidak benar-benar Anda butuhkan. Sayang sekali jika baterai Anda terkuras untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

4.       Matikan Fitur Sync
Sebagai ponsel pintar, android biasanya disertai dengan fitur Autosync. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan pemberitahuan langsung dari beberapa aplikasi seperti email, facebook, atau twitter. 

Ketika tidak benar-benar dibutuhkan, misalnya saat liburan, sebaiknya fitur ini Anda matikan. Anda bisa memantau hal terbaru dari aplikasi ini dengan masuk ke dalam aplikasi. 

5.        Matikan Getar dan Kurangi Volume
Salah satu penguras daya baterai lainya adalah sistem getaran yang ada pada android. Getaran yang ada pada smartphone android bisa menjadi salah satu penyebab lebih terkurasnya daya baterai. Semakin sering dipakai, maka energi yang dibutuhkan pun menjadi semakin banyak. Lebih baik matikan saja sistem getar pada smartphone Anda, terutama untuk getaran umpan balik  atau haptic feedback. 

Selain itu, kurangilah volume suara hp Anda. Baik untuk nada notifikasi (dering, sms, dll) atau juga saat menyetel music. Suara yang keras bisa mempercepat habisnya baterai Anda. Saat menyetel music atau video, sebaiknya Anda menggunakan aksesoris hp seperti earphone atau headphone.



Artikel Terkait

Cara Menghemat Daya Baterai Ponsel Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email