Thursday

7 Akibat Perbuatan Dosa Dan Maksiat

Akibat Perbuatan Dosa Dan Maksiat
MARTIZAINFO_ Dampak Negatif Dosa dan Maksiat itu memiliki pengaruh yang tidak baik bagi sipelakunya bahkan bisa saja dampaknya pada orang lain.

Jika dosa atau maksiat tersebut sampai menyebabkan azab besar dari Allah. Seperti azab banjir badai, hujan tak henti, gempa dan lain lain itu dampaknya pada semua orang terkena. karena itu mari kita berusaha menghindari perbuatan Dosa Dan Maksiat dan berusaha selalu bertaubat sekuat kuatnya. 

Inilah akibat dari dosa dan maksiat sebagai berikut antara lain :
Maksiat dan Dosa Menghalagi Ilmu.
seorang yang sedang mencari ilmu, harus berusaha menghindari perbuatan dosa dan maksiat, karena dengan dosa dan maksiat ilmu tidak akan masuk dalam hati, karena ilmu itu adalah nur, orang yang hatinya tertutup kabut dosa cahaya ilmu tidak akan masuk, apalagi bagi pelajar seperti santri yang sedang menimba ilmu dan banyak hapalan-hapalan yang harus diingat maka hindarilah maksiat supaya hapalan itu cepat masuk dan mudah dihapal juga tidak mudah lupa. 
Dalam maqolah imam Syafii disampaikan dalam bentuk syair " yang artinya :
"Aku mengadu kepada Al-Wakil perihal buruk hafalanku, Dia tunjuki aku, aku agar meninggalkan maksiat.
"Dia katakan, ketahuilah bahwa ilmu adalah karunia, sedangkan karunia Allah tidak dianugrahkan kepda pelaku maksiat."

Maksiat dan Dosa Menghalangi Rizki.
Sebab dosa juga bisa menjadikan rizki kita terhalang, kecuali rizki yang dijadikan istiroj oleh Allah maka sekalipun orang itu banyak maksiat tetap banyak rizki, walaupun ia banyak harta tapi jauh dari Allah, riski yang berkah itu rizki dari Allah yang didapat bukan karena maksiat tapi kerja keras dengan halal dan baik. dan rizki itu dijadikan untuk mendekatkan diri kepada Allah sehingga orang tersebut mudah bersodaqoh atau zakat.

Dalam musnad hadis dijelaskan :
Artinya:" Sesungguhnya seorang hamba terhalang dari rizki kerena dosa yang telah ia perbuat."(HR.Ahmad dan Ibnu Majah)

Apalagi zaman sekarang, mencari hal yang halal itu sudah susah, karena dunia riba sudah disebar luaskan, bahkan dikalangan umat islam sendiri tidak asing lagi dengan istilah Riba dan hal itu banyak dilakukan umat islam dengan dasar terpepet kebutuhan.

mungkin sebab inilah Allah menarik keberkahan didunia, sehingga persoalan kebutuhan di sempitkan oleh Allah sebab maksiat riba tersebut, belum maksiat lainya.

Dengan dosa Urusan menjadi Rumit.
Setiap orang pasti memiliki masalah dan persoalan dalam kehidupanya, hanya mungkin berbeda kadar persoalan itu. jika persoalan itu datang kepada kita dan kita tidak bertambah dekat kepada Allah maka persoalan itu malah bisa menjadi tambah rumit.

Penyelesaian masalah dunia bagi orang yang cenderung melakukan maksiat biasanya juga cenderung ke dukun atau paranormal dari pada ia mendekatkan diri pada Allah dan sabar

Sgala persoalan yang baik itu jika kita mau bermunajat meminta pertolongan kepda Allah supaya Allah menolongnya, pasti Allah menolong asal kita mau bersabar dan bersyukur disertai usaha yang maksimal. 

Jangan karena banyak persoalan kehidupan kita justru larinya ditempat hiburan mabuk mabukan dan lain sebagainya. justru dengan lari kesitu akan menambah persoalan baru setelahnya.

Bermaksiat Menjadikan Kegelapan Hati.
Maksiat itu sumber dari kegelapan, maka jika seorang selalu maksiat maka hatinya akan gelap dalam artian dia susah menerima hal kebaikan baik semisal ketika dinasihati hal kebaikan banyak ditolaknya atau tidak mau terima bahkan kadang ada yang melawan.

Dalam hadis diriwayatkan Ibnu Abas berkata :" sesungguhnya kebaikan itu menyebabkan sinar diwaajah . cahaya dihati, lapang dalam rizki , kuat bagi jasmani dan rasa cinta dihati mahluk, dan sesungguhnya dosa itu menimbulkan hitamnya wajah, gelapnya kubur , dan hati, lemah bagi jasmani, sulit mendapat rizki dan kebencian dihati mahluk."

Silakan tinggal pilih yang mana?...mau maksiat atau bertaubat hindari maksiat, dalam hadis diatas sudah digambarkan antara orang yang tidak maksiat dan orang yang bermaksiat.

Hidupkan hati anda dengan selalu bertaubat kepada Allah, Allah maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Hilangnya Pandangan Hati terhadap buruknya maksiat.
Kemaksiatan yang sudah terbiasa dilakukan seseorang sampai orang tersebut yang melakukan maksiat tidak ada rasa risih dan malu, bahkan bangga dengan masiat yang ia lakukan sehingga ia menceritakan kepada orang lain apa yang ia lakukan seolah olah  hal yang hebat supaya dipuji padahal hal itu sangat hina dan rendah disisi Allah.

Hal yang diatas sudah banyak dilakukan pada zaman sekarang ini, oleh karena itu jangan lah anda bercerita jika anda sudah melakukan maksiat dan Allah sudah menutupi aib anda dan baiknya segera bertaubat kepada Allah. Tuhan Yang Maha Pengampun dan Penyayang lagi Maha Pengasih.
Dijelaskan dalam hadis Nabi :"
"Setiap umatku akan dimaafkan kecuali yang terang terangan melakukan dosa , termasuk terang terangan dalam melakukan dosa adalah ketika Allah telah menutupi dosa seorang hamba. yang dikerjakan dimalam hari, namun pada pagi harinya dia membuka rahasianya dan  berkata " wahai fulan , aku terlah berbuat ini pada hari ini dan itu, padahal malam harinya telah ditutup oleh Rabbnya, namun pada pagi harinya ia membuka tutup Allah tersebut."

Maksiat dan Dosa Menghilangkan Nikmat.
Maksiat itu akan menghilangkan nikmat dari Allah dan mendatangkan siksa. maka tiada suatu nikmatpun yang luput dari seorang hamba melainkan disebabkan karena dosanya sendiri. dan tiada pula yang menyebabkan datangnya siksa( musibah) melainkan karena dosanya sendiri.

Maksiat menJauhkan diri Dari Allah.
Tanpa disadari orang yang bermaksiat sesungguhnya dia menjauhkan diri dari Allah, padahal dengan kita menjauh dari Allah segala sesuatu akan menjadi susah karena Dialah Tuhan yang memberi dan mengatur alam semesta.

Itulah sebagian akibat perbuatan dosa dan maksiat yang berdampak buruk pada diri seseorang yang melakukanya.
 
Mudah-mudahan saya dan yang mebaca tulisan ini dan sekeluarga juga orang orang islam diberi pertolongan oleh Allah untuk selalu bertaubat dan mendapatkan rahmat & ampunan-Nya dijadikan umat yang husnul khotimah. aamiin

Artikel Terkait

7 Akibat Perbuatan Dosa Dan Maksiat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email