Wednesday

Perbedaan Zikir Dan Wirid [ KEUTAMAAN ZIKIR KEPADA ALLAH ]

Keutamaan Berzikir Kepada Allah
Banyak cara agar do'a itu terkabulkan oleh Allah salah satunya dengan ber zikir kepada Allah. Zikir Kepada Allah. memang memiliki banyak Kasiat dan Manfaat atau Fadhilah. 

BerZikir Kepada Allah.  ada beberapa istilah penyebutan kalimat zikir kepada Allah dimasyarakat indonesia pertama disebut Zikir Kalimat Allah yaitu menyebut kalimat Allah baik nama Allah atau pun Asmaul Husna atau kalimat yang mengandung pujian kepada Allah dan bilanganya tidak ditentukan berapa yang harus dibaca contoh mebaca Allah berapa X. ( Baca Fadhilah solawat Nuril Anwar )
dalam Firman Allah dijelaskan :
Yang Artinya :"Hai Orang -orang yang beriman, berzdikirlah(dengan menyebut nama) Allah zikir yang sebanyak banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang."


Sedangkan kedua penyebutan zikir kepada Allah dengan sebutan Wiridan yaitu menyebut Nama Allah atau Memuji Allah yang sudah ditentukan kalimatnya dan jumlah bilangan yang diwiridkan seperti Wirid sehabis solat fardu Subhanallah 33X dan lainya itu sudah ditetapkan.  

Hal ini dijelaskan dalam hadis Nabi : Dari Abu Hurairah r.a. pula dari Rasulullah s.a.w. bersabda : “Barangsiapa yang membaca Subhanallah sehabis tiap bershalat -wajib- sebanyak tiga puluh tiga kali dan membaca Alhamdudillah sebanyak tiga puluh tiga kali dan pula membaca Allahu Akbar sebanyak tiga puluh tiga kali dan untuk menyempurnakan keseratusnya ia membaca: La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadir...(Riwayat Muslim)

Dalam ber zikir Kepada Allah memiliki banyak sekali keutamaan yang akan didapat sebagaimana dijelaskan oleh Nabi dalam sabdanya:

"Barang siapa senantiasa mengingat-Ku dan tak sempat meminta sesuatu pun dari -Ku, maka akan Kuberikan kepadanya yang lebih baik daripada yang Kuberikan kepada mereka yang meminta."

Inilah keutaman berzikir kepada Allah yang disampaikan Nabi bahwa ketika kita berzikir kepada Allah sampai kita lupa akan apa yang kita akan minta kepada Allah maka Allah sendiri yang akan mengasihnya tanpa kita minta bahkan lebih baik pemberian Allah dari pada apa yang ada dalam niat kita.

Berikut keistimewaan zikir kepada Allah antara lain:
1.Manfaat Zikir Untuk Meneguhkan Keimana :
jika kita keimanaya tetap ingin kuat maka memperbanyaklah zikir kepada Allah. ingat sayton akan selalu mengoda manusia dalam keadaan apa pun. dan yang paling efektif untuk menolong dari gangguan syaiton adalah kita selalu berzikir kepada Allah. Dan dengan zikir kepada Allah iman kita akan selalu bertambah.
 
Sebagaimana yang disampaikan dalam hadis berikut :
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُسْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ أَعْرَابِيًّا قَالَ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنَّ شَرَائِعَ الْإسْلَامِ قَدْ كَثُرَتْ عَلَيَّ ، فَأَنْبِئْنِيْ مِنْهَا بِشَيْءٍ أَتَشَبَّثُ بِهِ ؟ قَالَ : لاَ يَزَالُ لِسَانُكَ رَطْبًا مِنْ ذِكْرِ اللهِ  

Dari Abdullah bin Busr ra. berkata ,"Seorang badui datang kepda Nabi Salallahu alihi wasalam kemudian berkata,"Wahai Rasulullah sesungguhnya syariat-syariat Islam sudah banyak pada kami. Beritahukanlah kepda kami sesuatu yang kami bisa berpegang teguh kepdaNya?"Nabi Menjawab: Hendaklah lidahmu senantiasa berzikir kepada Allah."

Oleh karena itu jika kita ingin selalu diteguhkan iman kita oleh Allah banyak banyaklah berzikir kepada Allah.

2. Manfaat Zikir Akan dinaungi Diman Pada hari (kiyamat)Itu Tidak ada Naungan :
… وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ …
Dalam Hadis ini tentang Tujuh Golongan yang dinaungi Allah diahirat kelak "...Orang lelaki yang berzikir kepada Allah dengan berkelinangan air mata disaat sendirian .."

hadis diatas menjelaskan 7 orang yang dinaungi oleh Allah dari terik panasny diahirat dimana tidak ada naungan, yaitu salah satunya orang yang selalu berzikir meneteskan air mata disaat sendirian.

keutaman zikir kepada Allah juga membawa kebaikan kelak diahirat, bahwa siapa yang selalu berzikir maka Allah akan menolongnya kelak di hari kiamat diman tidak ada satupun pertolongan yang datang kecuali pertolongan dari Allah swt.

3.Manfaat Berzikir kepada Allah hati akan menjadi tenang:
Ingat manusia tidak akan lepas dari masalah dunia, karena persoalan-persoalan manusia itu merupakan cobaan bagi manusia yang ber iman untuk kenaikan tinggat disisi Allah. Oleh karena itu jika kita ditimpa masalah banyak lah berzikir supaya hati kita tenang, sebagaimana dalam firman Allah disebutkan :
 
الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
"Orang -orang yang beriman hati mereka akan menjadi tenang (tentram) dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentaram (Q.S.ar-Ra'd :28)

Mudah-mudahan dengan kita mendekatkan diri kepada Allah melalu zikir segala sesuatu yang menjadi beban kita akan diringankan atau ditolong Allah dengan memberinya jalan keluar yang terbaik.
 
4.Keutaman Zikir Itu seperti perbedaan antara orang yang hidup dengan orang yang mati.

Jadikanlah zikir sebagai cahaya dalam diri anda dan ruang atau rumah anda, dengan anda berzikir maka hati akan hidup dan pandangan anda akan bersinar sehingga akan membawa aura positif dalam kehidupan anda dan keluarga.

Jangan anda melupakan zikir sehingga sampai sampai seperti orang mati yang tidak bisa berkata dan berbuat, paling tidak kita membaca basmalah disetiap aktifitas kita.
 
hal ini dijelaskan oleh Nabi : Diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy'ari RA, Rasulullah Salallah hualaihi wasalam bersabda : "
مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ ، مَثَلُ الْـحَيِّ وَ الْـمَيِّتِ
"perumpamaan orang yang berzikir kepada Rabbnya dan orang yang tidak berzikir kepda Rabbnya adalah seperti perbedaan antara orang yang hidup dengan orang yang mati."

5.Manfaat zikir akan dijahukan dari syaiton.
Sampai kapan pun manusia akan selalu digoda oleh syaiton, baik orang yang taat kepada Allah maupun orang yang tidak taat kepada Allah. karena setan akan selalu membawa manusia dijadikan teman temanya kelak diahirat nanti. dan kunci untuk menyelamatkan kita dari godaan syaitan adalah kita selalu berzikir kepda Allah swt.
Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah.
وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
Artinya :'Dan jika syetan menggaggumu dengan suatu gangguan maka mohonlah perlindungan kepada Allah, sesungguhnya Dialah yang Maha Mendengar lagi Mengetahui.(Q.S.Fushshilat : 36)

Diayat diatas mengandung makna secara tidak langsung kita disuruh inggat kepada Allah supaya kita tidak tergoda oleh syaiton,

6.Manfaat Zikir juga menghapus Dosa dosa meskipun dosanya itu sebanyak buih dilaut.
Jangan putus asa bila anda memiliki pengalaman yang buruk dalam kehidupan, pengalamn buruk dalam artian kehidupan yang dipenuhi dosa dosa. baik dosa kecil maupun dosa besar. saatnya anda masih diberi umur panjang untuk bisa bertobat kepada Allah. Allah akan mengampuni dosa siapa saja selagi dia mau bertobat kepada Allah Zat Yang Maha Pengampun. manfaatkan umur anda untuk bertaubat kepada Allah dengan selalu berzikir istighfar yang sebanyak banyaknya dan memohon ampun kepada Allah dan berjanji tidak ingin kembali kedunia yang penuh dosa.

Berzikirlah yang banyak karena dengan zikir yang banyak Allah mudah mengampuni dosa dosa kita Aamiin.
  
Sebagimana yang disampaikan Nabi dalam kitab Bukhori :
وَمَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ
"Barangsiapa yang membaca سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ (Subhanalallah wa bihamdihi) 100X dalam sehari maka gugurlah dosa dosanya sekalipun banyak buih dilaut.(HR.buhori dan muslim)

Dalam Firman Allah :
وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيراً وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْراً عَظِيماً

"Laki-laki dan perempuan yang banyak me­nyebut (Nama) Allah, maka Allah telah me­nyediakan untuk mereka pengampunan dan pahala yang besar." (QS. Al-Ahzaab: 35)

7.Manfaat Berzikir dalam rumah atau Ruangan yang selalu ditempati untuk zikir akan ada cahaya.
Jadikan Rumah anda penuh dengan cahaya caranya mudah lakukan saja selalu berzikir kepada Allah . dengan cara ini rumah anda akan bersinar dipenuhi dengan kedamaina dan ketentaraman dan kesejukan.

Imam Muslim meriwayatkan dengan lafazh sebagai berikut:
مَثَلُ الْبَيْتِ الَّذِي يُذْكَرُ اللهُ فِيْهِ وَالْبَيْتِ الَّذِي لاَ يُذْكَرُ الله فِيْهِ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ
Yang Artinya :"perumpamaan rumah yang digunakan untuk zikir kepada Allah dengan rumah yang tidak digunakan untuk zikir laksanaorang hidup dengan orang yang mati."

Ini bisa dijadikan pelajaran bagi kita jika rumah kita ingin mendapatkan cahaya dari Allah maka memperbanyaklah berzikir ketika kita sedang duduk duduk sambil nonton tv atau yang lain atau berdiri didalam rumah.

8. Manfaat zikir untuk memperlancar Rizki.
jika anda dalam kesempitan rizki jangan cemas cobalah memperbanyak zikir kalimat "Laa haula wala quwwata illabillah" dengan berzikir kalimat tersebut mudah mudahan Allah menolong kamu, serai dengan keyakinan yang kuat kepada Allah dan Berusaha semaksimal mungkin.
Dalam hadis dijelaskan " Barangsiapa lambat datangnya rezkinya hendaknya mengucapkan Laa haula wala quwwata illabillah." (H.R. Thabrani).
Dan banyak lagi hadis yang menjelaskan tentang rizki supaya dimudahkan oleh Allah, baik dengan istighfar, solawat dan sebagainya.

9.Zikir dapat menghidupkan hati.
Hafiizh Ibnu Taimiyah ra. mengatakan bahwa pengaruh zikrullah untuk menghidupkan hati.
dengan kita banyak berzikir kepada Allah maka kita banyak kemungkinan pertolongan Allah sehingga hati yang beku dalam artian tidak mau mendengar nasihat orang lain yang baik, dengan berzikir sedikit demi sedikit hati akan lebih menerima.

Itulah manfaat jika kita berzikir kepda Allah, mungkin banyak manfaat lain yang belum saya tulis disini, karena sesunggunya manfaat zikir itu tidak bisa diketahu jumlahnya karena Allah sendiri yang akan memberinya kelebihan atau kemanfaatanya baik dalam waktu dekat maupun akan datang, baik didunia maupun diahirat.

Sebagaimana nabi bersabda dengan kehebatan zikir begitu luasnya:
"Barangsiapa senantiasa mengingatKu dan taksempat minta suatu pun dari-Ku, maka akan ku beri kepadanya yang lebih baik daripada yang Ku beri kepada mereka yang meminta."

Artikel Terkait

Perbedaan Zikir Dan Wirid [ KEUTAMAAN ZIKIR KEPADA ALLAH ]
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email