Thursday

Mencari Nafkah Untuk Keluarga Menghapus Dosa

Keutamaan Mencari Nafkah Untuk Keluarga
MARTIZAINFO_ Mencari nafkah itu suatu keharusan bagi setiap orang, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya didunia. 

Apalagi seorang yang sudah memiliki keluarga yang harus dinafkahi itu sangat diwajibkan bagi umat Islam.

Islam telah menganjurkan untuk bekerja dan mencari nafkah, oleh karena itu setiap orang islam diharuskan berusaha dengan cara yang halal dan baik, baik bekerja menjadi pedagang, petani atau pun bekerja pada orang lain sebagai karyawan perushaan. Islam melarang umatnya untuk berpangku tangan karena malas bekerja apalagi mengharap pemberian orang lain karena malas bekerja.

Dalam Hadis Nabi dijelaskan :
"Sungguh apabila salah seorang dari kalian mengambil talinya lalu mengumpulkan dan memanggul kayu bakar diatas punggunya adalah lebih baik daripada ia datang pada orang lain yang telah Allah yang telah orang beri karunia (harta) padanya, lalu ia meminta padanya ,baik orang tersebut mau memberi hartanya ataupun tidak."

Itu menunjukan seseorang harus bekerja dengan semangat dan wajib mencari nafkah bagi orang yang memiliki tanggungan keluarga, ataupun bagi orang yang telah ada tanggung jawab dipundaknya. Bahkan dalam hadis nabi menjelaskan begitu besar ganjaran orang yang mencari nafkah untuk keluarganya :
"dinar yang kau infakan dijalan Allah, dinar yang engkau infakan untuk budak mu, dinar yang engkau sodaqohkan untuk orang orang miskin, dan dinar yang engkau berikan pada keluargamu pahala yang paling besar adalah yang kau salurkan untuk keluargamu,"

Makanya mencari Nafkah itu hukumnya wajib jika ia meninggalkan maka ia berdosa sebagaimana Nabi bersabda "
"cukuplah seorang itu berdosa manakala ia menelantarkan orang yang harusnya ia beri makan."
makanya harta ditangan orang islam itu bisa menjadikan orang tersebut hidup mulia didunia dan diahirat jika ia membelanjakan hartanya kejalan Allah,

Ibnu Qudamah ra Berkata dalam sebuah penjelasan yang ringkas tentang kondisi seorang yang mencari dunia (harta):" telah jelas bagi kita bahwa harta tidklah tercela pada dzatnya, bahkan hendaklah seseorang itu mensyukurinya, karena harta adalah sebab yang bisa dipergunakan untuk mencapai berbagai kebaikan agama dan dunia, dan Allah telah menyebut harta dengan sebutan yang baik, yakni berfungsi untuk menopang kehidupan mahluk hidup.

Ada yang menyebutkan harta itu semisal ular, didalam tubuh ular terdapat racun dan penangkal racun, penangkal racunnya adalah berbagai manfaat yang muncul dari harta, sedangkan racunya kebinasaan yang timbul dari harta itulah racunya. maka manfaatkanlah harta itu untuk kebaikan.
Ingat ...harta itu hanyalah cobaan untuk mu, sebagaimana dalam firman Allah dijelaskan :
إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَاللَّهُ عِندَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ
"sesungguhnya hartamu dan anak anak mu hanyalah cobaan(bagimu) Disisi Allah lah pahala yang besar"(At-Taghaabun:15)"

Oleh karena itu, Carilah harta sesuka kamu dengan cara yang baik dan halal, karena Allah telah mewajibkan hambanya untuk mencari nafkah kehidupan, agar harta tersebut digunakan untuk berbuat taat kepada Allah dan disertai rasa syukur kepada-Nya.
dalam Firman Allah :
"dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak banyak supaya kamu beruntumg".(Al-Jumu'ah:10)
diayat yang sama dijelaskan :
"maka bertebarlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah." (Al-Jumu'ah:10)
Itulah begitu pentingnya mencari bafkah baik untuk keluarga ataupun orang yang ditanggungnya, disisi Allah pahala yang besar jika dilakukan dengan sungguh sungguh dan ikhlas.

Keutamaan Mencari Nafkah 

Mencari Nafkah menghapus dosa yang tidak bisa dihapus, dalam sabda Nabi : " Sesungguhnya diantara dosa dosa itu, ada yang tidak dapat terhapus dengan puasa dan solat." Maka para sahabat pun bertanya :"Apa yang dapat menghapus wahai Rasulullah?.Beliau menjawab: " Bersusah payah dalam mencari nafkah." (HR.Bukhari)

Itulah keutamaan mencari nafkah begitu besarnya sampai sampai bisa menghapus dosa yang tidak bisa dihapus dengan solat dan puasa. maka jangan sedih jika anda dalam mencari nafkah jauh dari keluarga ada keistimewaan dihadapan Tuhan.



 

Artikel Terkait

Mencari Nafkah Untuk Keluarga Menghapus Dosa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email