Monday

Sejarah Islam Masuk Ke Tanah Jawa

Sejarah Masuk Islam Ke Tanah Jawa
MARTIZAINFO_ Agama Islam Masuk Ke Tanah Jawa dibawa oleh rombongan para mubaligh yang dipelopori oleh Syekh Maulana Malik Ibrahim, atau dikenal juga dengan sebutan Maulana Maghribi atau Jumadil Kubro (berasal dari negri kasyan), beliau adalah bangsa arab keturunan Rasulullah Shalallahu alihi Wasalam.
Baca Juga : Sejarah Wali Songo
Pada saat syekh Maulana  Maghribi masuk ketanah jawa, hampir seluruh penduduk di jawa masih kuat menganut kepercayaan dan keyakinan agama hindu , sehingga mereka tidak mungkin diajak masuk Islam dengan segera melaluli jalan pemaksaan atau kekerasan, melainkan harus ditempuh dengan jalan atau cara pendekatan yang penuh bijaksana disamping harus sering mereka diajak musyawarah dengan tuntunan agama Islam itu sendiri, oleh karenanya mubaligh yang masuk ke tanah jawa itu lalu dikenal dengan sebutan " walisongo" atau Walisembilan ditempulah cara cara yang tepat dan bijaksana.

Cara Wali Songo Menyebarkan Agama Islam Di Tanah Jawa.
ada berapa cara yang ditempuh oleh para walisongo dalam menyebarkan agama ajaran agama islam kepda masyarakat ditanah jawa, antara lain sebagai berikut:
  1. Apabila memungkinkan keadanya, maka ajaran agama Islam itu dikawinkan sedikit demi sedikit dengan ajaran agama hindu , meskipun masih dalam batas -batas tertentu. 
  2. Ajaran Islam yang dibawa oleh mereka para Mubaligh itu diperkenalkan kepada masyarakat sedikit demi sedikit sesuai dengan tingkat pengetahuan mereka yang memang dalam kenyataanya masih sangat rendah , sehingga masyarakat  (penduduk) yang masih kuat kepercayaanya terhadap agama Hindu itu tidak merasa kaget atau asing, bahkan mereka menjahukan diri dari sikap maupun ucapan yang dapat menyinggu persaan dan kepercayaan penduduk. 
  3. Banyak adat istiadat, tata cara , kebiasaan dan tradisi penduduk tanah jawa yang masih kuat berbau kepercayaan agama hindu tidak begitu saja dihilangkan, bahkan sering dibiarkan berjalan terus, hanya saja secara pelan pelan dimasukan keajaran agama islam, seperti upacara sedekah bumi, juga menghormati binatang sapi,(oleh agama hindu dianggap binatang suci) yang oleh sunan kudus masyarakat setempat dilarang untuk menyembelah atau memakan binatang sapi tersebut . Hal ini dikandung maksud untuk menghormati kepercayaan orang orang hindu terhadap ajaran agamanya.
Nama Nama Asli Wali Songo Dalam Sejarah.
adapun nama nama Sunan dalam jajaran walisongo sebagai berikut.

Pertama " Sunan Gersik namanya ialah Syekh Maulana Malik Ibrahim, makamnya didaerah kabupaten gersik (jawa timur). 
Baca Juga : Tempat Makam Wali Songo
Kedua " Sunan Ampel, namanya Raden Rahmat, makamnya di surabaya (jawa timur) 

Ketiga " Sunan Drajat ,namanya Syekh Syarifudin, makamnya di sedayu Gresik (jawa timur) 

Keempat " Sunan Giri , namanya Syekh Maulana Ainul Yakin atau raden paku, makamnya di bukit giri gersik jawa timur 

Kelima " Sunan Bonang namanya Raden Makdum Ibrahim, makamya dibonang Tuban (jawa timur) 

Keenam " Sunan Kudus , namanya Syeh Jakfar Shodiq, makamnya dibelakang masjid menarakudus,jawa tengah 

Ketujuh " Sunan Muria, namanya Raden umar said makamnya di bukit muria kudus jawa tengah, 

Kedalam " Sunan KaliJaga, namanya Raden Muhamad Syahid makamnya dikadilangu Demak (jawa tengah) 

Kesembilan " Sunan Gunung, Jati namanya Syeh syarif hidayatullah dan Fatahilah makamnya di gunung senbung cirebon(jawa barat)

Itulah sekilas sejarah masuknya islam di tanah jawa yang di bawa para walisongo,
sumber : buku Sunan Gunung Jati cirebon" DRS H Imron Abu Amar.

Artikel Terkait

Sejarah Islam Masuk Ke Tanah Jawa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email