Tuesday

Kisah Mbah Soleh Memiliki 9 Makam

Misteri Karomah Mbah Soleh Memiliki 9 Makam
MARTIZAINFO_ Mbah Soleh adalah salah satu murid dari Sunan Ampel yang memiliki keistimewaan luar biasa. Keajaiban Mbah Soleh beliau dikubur sampai 9 kali. 

Hal ini bisa dibuktikan dengan makamnya disebelah timur masjid Agung Sunan Ampel ada makam 9 itu punya satu orang yaitu Mbah Soleh. 

Baca Juga : tempat makam wali songo di tanah jawa

Mbah Soleh itu murid dari sunan Ampel dan sekaligus sebagai tukang sapu masjid Ampel, Apabila mbah soleh sudah menyapu lantai masjid maka masjid akan menjadi bersih tidak ada debu yang menempel sampai orang ketika solat dan sujud tidak ada terasa ada debu dijidadnya. 

Dan suatu ketika mbah soleh meninggal dunia beliau di makamkan di depan Masjid. ternyata pekerjaan tukang sapu yang dilakukan mbah soleh tidak ada yang bisa meniru setiap orang menyapu masih ada debu yang menempel, sejak sepeninggalan mbah soleh masjid banyak debu.Kemudia terucaplah kata kata sunan Ampel " Bila Mbah Soleh masih hidup tentulah masjid ini menjadi bersih."

Mendadak Mbah soleh ada di pengimaman masjid sedang menyapu lantai, sampai lantai itu bersih kembali seperti dulu. orang orang pun banyak yang heran mbah soleh hidup kembali.

Beberapa bulan kemudian Mbah soleh meninggal dunia lagi dan dikubur disamping kuburanya dulu, ahirnya masjid menjadi kotor dengan debu lagi. dan tak ada satupun orang yang sanggup mengerjakan seperti tugasnya mbah oleh lagi.

Akhirnya sunan ampel mengucap kata kata lagi seperti dulu lagi," Bila Mbah Soleh masih hidup tentulah masjid ini menjadi bersih." maka mbah soleh tahu tahu sedang menyapu didepan pengimaman masjid. dan hal itu terulang sampai 8 kali kehidupan mbah soleh, 

Pada waktu dealapan kali  mbah soleh hidup. sunan Ampel wafat dan beberapa bulan kemudian mbah soleh meninggal dunia yang ke 9 kalinya dan kuburan mbah soleh dikubur disamping kuburanya yang dulu dan kuburanya paling ujung timur.

itulah singkat cerita mbah soleh murid dari Sunan Ampel begitu hebat memiliki keajaiban yang luar biasa padahal beliau hanya situkang sapu masjid.

Bahkan dalam satu riwayat orang yang selalu membersihkan masjid akan dibangunkan rumah kelak disurga sebagai mana nabi bersabda :
“Barang siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga,” (HR Ibnu Majah).
silakan barang kali berkunjung / ziarah ke makam Sunan Ampel mampir dengan makam mbah soleh.
terima kasih.

Baca artikel direkomendasikan :

Artikel Terkait

Kisah Mbah Soleh Memiliki 9 Makam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email