Tuesday

Kisah Mbah Sonhaji

Mbah Sonhaji sering disebut dengan mbah Bolong, beliau adalah salah satu dari murid sunan ampel seperti hanya mbah Soleh. kenapa mbah sonhaji disebut dengan mbah bolong. karena menurut kisahnya sebagai berikut, 

Pada waktu pembangunan masjid Agung Ampel , Mbah Son Hajilah yang ditugasi mengatur tata letak pengimamannya. mbah Sonhaji bekerja dengan tekun dan penuh perhitungan, jangan sampai letak pengimaman masjid itu tidak menghadap kearah kiblat. Tetapi setelah bangunan pengimaman masjid itu jadi banyak orang yang meragukan keakuratannya.

Apakah betul letak pengimaman masjid ini sudah menghadap ke kiblat ?demikian tanya orang yang meragukan pekerjaan mbah Sonhaji. 

mbah sonhaji tidak menjawab, melainkan melubangi dinding pengimaman sebelah barat lalu berkata. " lihatlah kedalam lubang ini kalian akan tahu apakah pengimaman ini sudah menghadap kiblat atau belum?"

Orang orangf melihat kedalam lubang yang dibuat mbah sonhaji, ternyata ternyata didalam lubang itu mereka dapat melihat ka'bah yang berada di makah. orang orang pada melongo terkejut dengan keajaiban karomah mbah sonhaji akhirnya mereka tak meremehkan mbah sonhaji lagi, dan sejak itu mereka bersikap hormat kepada mabah sonhaji dan mereka menjulukinya mbah bolong.



Artikel Terkait

Kisah Mbah Sonhaji
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email