Sunday

10 SAHABAT NABI AHLI SURGA Bagian 1

10 Sahabat nabi muhamad ahli surga, umat Islam wajib baca artikel ini, karena mereka adalah sohabat Nabi Yang menjadi suritaladan bagi kita, dimana mereka sahabat sahabat nabi yang paling dekat. berikut sepuluh sahabat nabi yang di jamin masuk surga.

1. Sahabat Abu Bakar Ash-shidiq RA dia adalah Abdul ka'bah orang yang dikala orang lain menolak dan bahkan memusuhi dakwah nabi, beliau justru pagi pagi benar sudah mendahului masuk islam.
Nama "abu bakar" itu bukan nama asli sejak kecil, ketika dilahirkan, kedua orang tuanya memberikan nama 'abdul ka'ab' ini nama asli sahabat abu bakar.

Sejak masuk Islam nama beliau diganti yang pertama " abdullah" dan juga nama "kuniyah ( pangilan) " ABU BAKAR" atau yang artnya "pemagi" karena bagi pagi betul dia masuk islam, beliau orang pertama kali masuk islam dari kalangan laki laki dewasa.

GELAR ASH-SHIDIQ
beliau diberi gelar oleh rasulullah " gelar ashidiq" karena beliau selalu membenarkan apapun yang diberikan oleh beliau Baginda Nabi, bahkan berita yang tidak masuk akal sekalipun sperti pristiwa isro' dan mi'roj nabi.

2. Shabat Umar Bn Khothab RA. sejak kecil sang ayah, khathab bin Nufail memberi nama UMAR. sesuai tradisi orang arab yang selalu menyebut nama seseorang nama ayahnya di bawa di nama belakangnya maka menjadi " umar bin khathab"

beliau sahabat yang tegas dalam menegakan printah rosul tampa pandang bulu siapa dia sekalipun anaknya. maka dia disebut " alfaruq "

GELAR ALFARUQ DAN AMIRUL MU'MININ
Beliau diberi gelar oleh rosulullah alfaruq karena malikat jibril a.s biasa menyebut sahabat umar dengan sebutan alfaruq. alfaruq yaitu artinya pembeda antara yang hak dan yang batil. beliau memang selaalu tegas dalam mengemban amanat dari rosulullah.

Gelar AMIRUL MUMININ diberikan kepada sohabat umar itu oleh pertama kalinya oleh umat islam di karenaan dua pertiga dunia telah ditahlukan oleh kepemimpinan kholifah umar bin khathab. maka beliau memndapat gelar amirul muminin.

3.Sahabat Usman Bin Afan RA. beliau sejak lahir diberi nama usman dan juga dipangil abu amr, beliau lahir dari pasangan seorang ayah bernama affan bin abi ash, dan seorang ibu  bernama arwa binti kuraiz.

Beliau juga disebut dengan amirul muminin kedua setelah sahabt umar, adapun nama pangilan yang ditunjukan kepada beliau setidaknya ada tiga nama yaitu abu amr, abu abdillah dan Dzu nurain. nama abu amr itu nama dari kecil dan nama abu abdillah nama setelah masuk islam, dan nama dzu nurain setelah beliau meniah dengan putri rosulullah bernama ruqayah.

dalam riwayat hiduup usman bin affan sempat dua kali menikahi putri rasulullah yang istri pertamanyameninggal di usia muda kemudian menikah lagi dengan umi kultsum binti rosulullah namun istri keduanya pun meninggal. karena menikah dengan dua putri rosul yang diangggap cahaya  maka sahabat usman di sebut dzu nurain ( dua cahaya).

4. Sahabat Ali bin Abi Thalib nama ali adalah nama yang diberikan oleh kedua orang tuanya sejak lahir,  beliau lahir dari pasangan suami - istri Abu thaib bin abdul mutholib dan fatimah binti asad bin hasyim.inilah perempuan pertama yang melahirkan keluarga besar bani hasyim.

beliau adalah sohabat yang mendapat gelar terbanyak antara lain :
  1. babul ilmi ( pintu ilmu) karena pada suatu ketika ada suatu riwayay yang menyatakan bahwa rasulullah adalah kota ilmu dan ali adalah pintunya.
  1. abu turab ( bapaknya debu) Diriwayatkan dari sahl bin sa'ad bahwa diantara nama pangilan yang diberikan oleh rosulullah yang paling ali sukai ialah pangilan " abu Turab". pada suatu hari Ali marah terhadap istrinya Fatimah maka beliau keluar rumah dan tidur bersandarkan dinding masjid yang penuh debu, tiba tba Nabi SAW, datang embangunkannya sambil mengusap debu debu yang melumuri punggungnya seraya bersabda : yang artinay : duduklah, hai Abu Turab" HR.al-Bukhori) 
  2. alfatta ( pemuda pemberani). para ulama sering menyebut sahabt ali dengaan sebutan alfatta yang berarti pemuda yang kuat gagah berani yang selalu menang menghadapi musuh musuhnya.
  3. dzul fakhr ( pemilik kemulyaan). sebutan ini dikarenakan sahabt ali memiliki nasab yang mulya dan baik budipekertinya dalm diri sahabt ali bin abi thalib.
  4. abu sibtain (ayah dari dua cucu nabi). sahabat ali adalah menantu nabi yang memberi cucu keturunan hingga sekarang, dua orang putra yang lahir darinya Hasan dan Husain, menjadi cucu kesayangan nabi sehingga beliau di panggil dengan abu sibtain.
  5. amirul muminin adalah pemberian gelar oleh kaum muslimin pada ketiga kholifah dari kholifah umar bin khotob dan usan bin affan, ketiga dari kholifah tersebut di beri gelar amirul muminin.
(Baca Selanjutnya Bagian 2 " 10 sahabat nabi ahli surga Bagian 2)

Artikel Terkait

10 SAHABAT NABI AHLI SURGA Bagian 1
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email