Sunday

10 SAHABAT NABI AHLI SURGA Bagian 2

Baca Bagian pertama " 10 Sahabat Nabi dijamin Masuk Surga"
Sahabat Nabi Yang dijamin masuk surga yang selanjutnya yaitu 

5. Sahabat Zubair Bin Awwam, 
 meskipun tidak sepopuler empat sahabat nabi khulafaur Rasyidin, nama beliau cukup banyak menghiasi catatan sejarah perkembangan islam. semenjak usia 15 tahun beliau telah masuk islam , dan termasuk 40 orang pertama dari generasi pemuda yang masuk islam pertama.

semenjak masuk islam beliau mengikuti rosuullah berdakwh bahkan turut hijrah ke Habasyah bersama para sahabat yang lain dan turut pulah hijrah ke madinah setiap pertempuran yang dipimpin rosulullah sahabat zubair selalu aktif dalam pertempuran dibarisan depan. begitu pula pertempuran yang dipimpin oleh para kulafah urosidin.

keistimewaan beliau pernah malaikat jibril mengambil rupanya zubar pada peristiwa perang badar, dalam satu riwayatkan dari Urwah dijelaskan : yang artinya " malaikat jibril a.s turun pada perang badar dengan mengambil rupa zubair, beliau melipatkan kain sorbanya yang berwarna kuning - kuningan. ( HR. at-thobroni).

6. Sahabat Thalhah Bin Ubaidillah RA. beliau adalah sohabat yang pernah di hujani anak panah demi melindungi Nabinya. untuk nama beliau sejak kecil dengan nama " thalhah" namun dalam perkembanganya sering pula dipangil dengan nama " Abu Muhamad".

ayah beliau bernama Ubaidillah bin Usman bin Amr bin ka'ab bin sa'ad bin taim bin murrah bin ka'ab, sedangkan ibunya bernama sha'bah binti hadlrami. ada bebrapa gelar yang di berikan kepada sahabat tholhah antara lain :
1."al-khair" yang baik
2."alfayyadli" yang banyak berbuat kebajikan
3."aljud" penyantun  

kelar ketiga tersebut diberikan kepada tholhah oleh rasulullha berbeda tempat ,sebagaimana di jelaskan dalam hadis nabi : Dalam perang uhud , rasulullah memberiku nama thalhah al khair' pada perang jaishul ' ushrah memberiku nama thalhah al-fayyadl dan dalam perang hunain memberiku nama thalhah al-jud "( HR. Ibnu Asakir).

7. Sahabat Abdurrahman Bin 'auf RA, beliau adalah seorang yang konglomerat pada zamanya yang amat dermawan tak kalah dengan kedermawananya sahabt usman bin affan.

sejak lahir beliau dengan nama abdul ka'bah yang artinya penghamba kabah, selain itu ada nama laqabnya yaitu abdul harits yang artinya penghamba tuhan yang bijaksana nama ini justru menjadi nama yang pouler dari pada nama aslinya.

setelah masuk islam Rasulullah memberinya nama baru " abdurrahman ( penghamba Allah yang maha pengasih"

8. Sahabat Abu Ubaidah Bin Jarah RA. nama beliau pada masa kecil adalah Amir setelah menikah beliau memiliki putra bernama ubaidah maka beliau sering di sebut abu ubaidah ( ayahnya ubaidah)

nama ayah Amir adalah abdullah bin jarrah bin hilal bin uhaib bin dlabbah bin harits bin fihr bin malik al-qurasyi. maka nama aslinya beliau adalah Amir bin  abdullah. 

9.  Sahabat Sa'ad Bin Abi Waqash, beliau terlahir dari seorang ayah bernama malik / abu waqash bin wahhab bin abdu manaf bin zuhrah bin kilab bin murah, sedangkan ibunya bernama hanah binti abi sufyan bin abdu syamsi.

10. Sahabat Sa'id Bin Zaid RA. beliau adalah adik ipar sahabat umar bin khatab, yang berhasil mempengaruhi jiwanya sehingga masuk islam, lantunan ayat suci alquran yang dibacakan oleh istrinya fatimah binti khatab benar benar membuka mata hati seorang musuh besar sekelas umar bin khatab,

sejak lahir nama beliau sa'id ayah beliau bernama zaid bin amr bin nufail bin abdul uzza bin rabbah bin qarrath bin razzah bin adibin ka'ab bin luayyi.

itulah nama nama sahabat nabi yang dijamin masuk surga mudah mudahan pengetahuan ini membawa manfaat siapa saja yang membacanya.
terima kasih

Artikel Terkait

10 SAHABAT NABI AHLI SURGA Bagian 2
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email