Thursday

Belajar Pengenalan Komputer Dasar Untuk TK, SD, SMP,

PENGERTIAN KOMPUTER DASAR
Pengenalan dasar tentang komputer untuk TK, SD, SMP


Computer adalah mesin yang membantu kinerja manusia dalam penghitungan dan pengolahan data secara elektronis agar mendapat hasil yang akurat dan maksimal, dan dalam waktu yang cepat. Singkat dalam penunjang efisieni kerja

Ada juga yang mengatakan computer itu alat untuk mengolah data secara elektronik data tersebut  dapat berupa hasil ketikan , gambar , foto, music, video dan program computer.

Ada pula yang mengartikan komputer adalah suatu perangkat elektronik yang terdiri dari berbagai macam komponen yang semuanya saling mendukung kerja sistem komputer.

Di era globalisasi ini computer merupakan sarana yang sangat penting baik untuk pribadi maupun perusahan. Untuk perusahan computer sangat bermanfaat sebagai alat bantu dalam bekerja. Untuk menambah efisinesi perusahaan.

Untuk pribadi computer bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan semisal buka jasa ketik computer, bisa membuka game online. maupun untuk menyalurkan bakat menulis mungkin masih banyak lainya lagi komputre dimanfaatkan untuk pribadi.

Yang Paling penting adalah untuk belajar bagi anak TK, SD, SMP maupun SMA dan mahasiswa, dengan kita memiliki komputer sendiri kita lebih leluasa untuk belajar sehingga lebih cepat pintar dibandingkan dengan kursus komputer tanpa memiliki komputer itu belajar lebih lama.


Bagian bagian Komputer
Secara Umum computer memiliki bagian terdiri atas Hardware ( perangkat keras) dan software ( perangkat lunak)

Untuk bagian Hardware meliputi :
1.CPU ( Central Processing Unit ) adalah tempat dimana proses pengolahan data berlangsung.
Komponen komponen tersebut adalah Power supply ( catu daya), Motherboard ( papan induk), Prosesor, RAM ( Random Access Memory ), Harddisk, CD/DVD-Rom, Floppy dik driver.
2.  Monitor karena monitor berfungsi untuk menampilkan semua proses yang dilakukan oleh CPU sehingga kita bisa melihat data-data yang ada pada komputer tersebut,
Monitor untuk sekarang banyak jenisnya, seperti CRT Monitor ( model lama), LCD monitor atau Liquid Crystal Display, LED Monitor atau Light Emitting Diode,
3.Mouse, disebut juga  tikus fungsi mouse adalah untuk menggerakkan kursor pada monitor dengan tanda panah pada tampilan layar computer.
4. Keyboard adalah papan yang berisi tombol tombol abjad, angka dan symbol atau juga disebut papan ketik elektronik.
5.Printer ( pencetak) adalah mesin untuk pencetak hasil kerja kita baik berupa teks atau gambar.
6.Speaker berfungsi untuk menghasilkan data suara dari computer.

Jenis aksesoris Hardware
1. Bluetooth adalah sebuah perangkat komunikasi antara perangkat secara wireless atau nirkabel,
2. Wifi ( Wireless Fidelity ) adalah teknologi jaringan computer atau network nirkabelyang memiliki kemampuan menyediakan akses internet dengan bandwidth besar.
3.USB ( Universal Serial Bus ) alat untuk menghubungkan perangkat exsternal seperti scanner, printer dll.
4.Sound Card ( kartu Suara ) adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.
5.WebCam ( Kamera web ) adalah alat untuk melakukan percakapan atau pangilan video.
6.LAN Card ( Local Area Network ) adalah jaringan computer yang jaringanya hanya mencakup wilayah kecil seperti kantor , rumah, sekolah atau kampus.
7.VGA Card ( kartu Vidio ) adalah perangkat keras yang digunakan  untuk mengolah  data grafis untuk ditampilkan  dilayar monitor.

Untuk Bagian Software ( perangkat lunak )
Computer tidak bisa bekerja tanpa perangkat lunak ini yang disebut software perangkat ini ada dua jenis , yaitu perangkat lunak system operasi dan perangkat lunak aplikasi.

1.Perangkat lunak system operasi
Perangkat ini bertugas untuk mengatur perangkat kerja computer, setelah computer dinyalakan maka perangkat lunak system operasi segera begerja. Jenis perangkat ini antara lain :
Microsoft adalah system operasi yang popular dan banyak digunakan saat ini dan mendukung banyak kinerja software aplikasi.
Mac OS ( macintosh Operating Syistem adalah system operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk computer Macintosh.
LINUX Sistem operasi ini dibuat oleh Linus Torvald, Sistem operasi berbasisi Linux yang popular digunakan saat ini adalah Ubuntu dimana tampilan antar mukanya menyerupai windows dan Mac OS.
Android adalah system operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seperti Telepon seluler dan tablet.  Pada awalnya dikembangkan oleh android Inc, yang kemudian dibeli oleh google, antarmuka android  adlah berupa manipulasi langsung mengunakan gerak sentuh pada layar pernagkat seperti menggeser, mengetuk,  dan mencubit, untuk memanipulasi obyek dilayar, dilengkapi dengan papan ketik virtual untuk menulis teks.

2.perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi dikususkan  lebih spesifik digunakan sebagai program pengolah data tertentu, baca selengkapnya...

Artikel Terkait

Belajar Pengenalan Komputer Dasar Untuk TK, SD, SMP,
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email