Thursday

Cara Belajar Anak Usia Dini Melalui Bermain


Cara Belajar Anak Usia Dini Melalui Bermain 
MARTIZAINFO_ Saat dalam kondisi anak-anak, merupakan salah satu kesempatan memberikan pendidikan yang berkualitas. Pada usia dini inilah mereka akan mudah sekali menangkap segala hal yang mereka dapatkan. Belajar anak usia dini memang direkomendasikan bagi anak kita. Apalagi sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa usia dini berkisar 5 tahun kebawah merupakan masa keemasan bagi perkembangan kecerdasan anak kita.


Selain memberikan pendidikan pastinya kita juga harus memperhatikan makanan yang anak konsumsi. Kita harus bisa terus menyuplai makanan yang baik untuk perkembangan otak mereka. Dengan memberikan makanan yang berkualitas maka proses belajar anak akan lebih maksimal lagi karena ada keseimbangan antara asupan gizi dengan proses pembelajaran yang sedang dilakukan.


Sebenarnya tujuan memberikan pendidikan atau proses pembelajaran kepada anak saat usia dini adalah merangsang kecerdasan anak kita. Agar saat mulai masuk sekolah anak kita sudah siap dengan segala kurikulum pelajaran yang diberikan. 


Penelitian juga menyebutkan bahwa saat usia 4 Tahun kecerdasan pada otak anak telah mencapai 50%. Dan akan meningkat sampai 80% saat sudah memasuki usia 8 Tahun. Inilah yang menjadikan poin penting untuk belajar anak usia dini.



Karakter Anak Usia Dini

Kita pasti sudah memahami bagaimana tingkah laku anak kita saat masih usia dini. Mereka cenderung penasaran terhadap segala sesuatu yang ditemui. Saat usia dini merupakan fase dimana anak menjadi sosok individu yang dalam proses perkembangan. Dan perkembangan tersebut terjadi cukup pesat berkaitan dengan pembelajaran dasar-dasar bagi kehidupan anak saat sudah mulai dewasa.


Sebagai orang tua kita harus selalu memantau bagaimana proses perkembangan dalam pembelajaran anak kita. Karena belajar anak usia dini sangat rawan terkena hal-hal yang berbau negatif. Sebisa mungkin kita harus menyediakan fasilitas yang mendukung proses pembentukan karakter dan pembentukan kepribadian anak kita.



Cara Belajar Anak Usia Dini

Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya bagaimana cara seorang anak belajar padahal usia masih sangat dini. Proses belajar anak-anak sangat berbeda sekali dengan proses belajar yang kita lakukan seperti biasanya. Cara belajar anak saat usia dini adalah saat mereka bermain. Apalagi saat usia dini tersebut mereka lebih aktif dan sangat menyukai beragam permainan. Ini merupakan cara mereka untuk belajar


Anak-anak akan terus menikmati setiap saat ketika mereka bermain. Cara belajar anak usia dini ini dapat membantu mereka agar lebih mengenal diri sendiri. Selain itu mereka juga akan mengenal bagaimana peran orang tua mereka selama ini dan lingkungannya. Cara bermain sambil belajar ini terbukti lebih efektif jika dibandingkan dengan cara belajar untuk orang yang sudah dewasa.


Tubuh anak usia dini yang masih sangat rentan dan perlu dilatih akan sangat terbantu dengan proses bermain ini. Semua otot yang ada pada tubuh mereka akan mulai belajar digunakan. Selain itu bermain juga akan menstimulasi indra pada tubuh mereka.


Naluri penasaran anak-anak juga akan terpenuhi dengan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan mulai mengenal siapa dia sesungguhnya. Secara umum berikut ini beberapa cara belajar anak usia dini :



Pengamatan Terhadap Lingkungan Sekitar

Kita sering kali dibuat heran dengan tingkah anak-anak kita yang selalu berbuat aneh. Salah satu contohnya adalah anak-anak sangat sering memasukkan benda apa saja ke mulut mereka. Ini merupakan proses pengamatan dan berpikir dari anak-anak tentang bagaimana lingkungannya.


Cara belajar anak usia dini seperti ini akan memberikan pengetahuan kepada mereka tentang benda apa yang sebenarnya mereka pegang. Selain memasukkan beragam benda, anak saat usia dini juga sering bertanya tentang apa saja yang menurut kita tidak penting. Sebagai orang tua kita harus bersabar menghadapi setiap pertanyaan anak kita.


Jawablah dengan jelas dan penuh pemahaman agar anak tidak penasaran lagi dengan sesuatu yang mereka tanyakan.



Belajar Dengan yang lain untuk Mengenal Lingkungan Sosial

Kadang kala anak-anak kita akan sangat gembira sekali dan menjadi super aktif saat bertemu teman sebayanya. Memang ini merupakan salah satu cara belajar anak usia dini yang sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka.


Kemampuan komunikasi anak-anak kita akan bisa dilatih dengan sering bertemu teman sebaya mereka. Selain itu dengan cara ini juga anak-anak akan mulai membangun keterampilan berpikir seperti mengamati, menyeleksi, dan mengelompokkan sesuatu yang masih asing bagi mereka.


Yang perlu kita pahami sebagai orang tua, janganlah menyamakan anak kita dengan anak usia dini lainnya. Karena cara belajar anak usia dini berbeda-beda setiap individu. Anak kita akan memiliki gaya dan proses belajar yang pastinya berbeda dengan anak yang lainnya. 


Janganlah menyalahkan mereka karena hal ini dipengaruhi oleh bawaan alamiah mereka atau juga bawaan dari lingkungan hidup anak kita. Maka dari itu untuk mendukung proses belajar mereka, kita harus bisa menciptakan lingkungan yang baik. Terutama di lingkungan keluarga.



mudah mudahan tulisan ini bermanfaat  bagi semua yang membacanya.

terima kasih sudah mampir di blog saya untuk melihat informasi pendidikan islam lainya bisa ke bali ke Home



Artikel Terkait

Cara Belajar Anak Usia Dini Melalui Bermain
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email