Thursday

8 Cara Untuk Sukses Dibisnis Online

8 Cara Sukses Dibisnis Online

MARTIZAINFO_ Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat orang beralih menggunakan online untuk berbelanja seperti bisnis Online Shop, sekarang banyak orang yang mulai menekuni sektor tersebut dan sukses dibisnis online. Tetapi untuk bisa sukses bukanlah perkara mudah, sebab membutuhkan ketekunan untuk menjalaninya.

Sebuah proses bisnis yang sangat mudah, dimana kita cukup melihat barang-barang di depan computer / handphone untuk melakukan pembelian, melakukan pembayaran melalui transfer ke penjual, barang dikirim langsung terima barang dan mendapat keuntungan dari orang yang memesan barang. 
Walaupun tidak memiliki produk sendiri, kamu bisa tetap sukses dibisnis online dengan menjadi reseller dari sebuah produk. Namun untuk bisa sukses dibisnis online sekarang sangat sulit, mengingat semakin ketatnya persaingan di dunia online shop. Untuk itulah kita akan berbagi tips ampuh sukses dibisnis online yang bisa dipelajari sebagai bekal kesuksesan dimasa mendatang.

1.Survey Produk yang Ingin Dijual
Ketika ingin terjun dalam bisnis online, maka lakukan survey terlebih dahulu, mengenai barang apa saja yang bisa diperjual belikan secara online. Jika bingung barang yang ingin dijual, maka sebaiknya memilih barang yang sesuai dengan hobi, tentunya kamu sudah mengetahui banyak tentang produk tersebut.

Pastikan barang yang ingin dijual memiliki pasar yang luas, sehingga memudahkan untuk menjualnya. Contohnya jam tangan yang banyak di pakai oleh pria atau wanita, bahkan anak-anak juga kerap memakai jam tangan.

2.Survey untuk Mendapat Distributor
Jika ingin bsinis online tanpa harus memproduksi barang sendiri, maka kamu harus melakukan survey distributor seperti kualitas produk, lama pengiriman, harga yang ditawarkan dan garansi produk. Hal ini menjadi sangat penting, sebab berhasil atau gagalnya kita di bisnis online ini bergantung dari hasil survey.

Pada saat memilih supplier kamu harus ekstra hati-hati, mengingat tidak sedikit supplier nakal. Jika memungkinkan, ambil barang secara langsung dari produsen, sehingga kamu bisa menjual barang dengan harga yang bersaing.

3.Buka Toko Online atau Website
Langkah utama meraih sukses dibisnis online dengan membuat lapak untuk berjualan seperti website, group sosial media dan memanfaatkan toko online yang sudah lebih dahulu terkenal. Hal ini akan mempermudah kamu untuk melakukan promosi kepada customer.

4.Sediakan E-Banking Lebih dari Satu
Ketika memilih bisnis online, maka kamu juga harus mempersiapkan transaksi secara online, terutama e-Banking untuk mempermudah transaksi dan sebisa mungkin lebih dari satu bank untuk menghindari biaya transter antar bank. 

5.Foto dengan Kualitas Terbaik
Sebagai penjual online, senjata utama untuk melakukan promosi dan memikat konsumen adalah display gambar, maka pilih gambar yang memiliki kualitas terbaik mulai dari detail produk yang tajam dan pencahayaan yang baik.

Gambar dengan kualitas terbaik, lebih banyak menarik perhatian dari calon konsumen. Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk fotografi, lebih baik menggunakan foto dari distributor atau internet.
Baca Juga : Cara Bisnis Paytren
6.Fast Respon (Pelayanan Cepat)
Membangun kepercayaan customer dengan toko online kamu yaitu fast respon atau pelayanan yang cepat, sebab kebanyakan orang tidak suka menunggu. Terlebih bila orang itu adalah reseller yang harus menjawab pertanyaan dari orang lain.

Jika mereka harus terus menunggu lama, maka kemungkinan besar mereka akan mencari penjual lain yang memiliki pelayanan yang cepat. Hal inilah yang kerap menjadi masalah bagi mereka yang berbisnis sambil bekerja.

7.Membangun Penjualan Berantai
Pelanggan yang paling banyak mendatangkan permintaan adalah reseller, dimana mereka akan memasarkan produk yang kamu jual. Jadi beri harga khusus kepada para reseller, sehingga mereka bisa menjual kembali dengan harga yang bersaing.

Ketika berhasil membangun sistem penjualan berantai, maka kamu akan lebih cepat sukses dibisnis online, sebab reseller adalah orang-orang yang menentukan kelangsungan bisnis online. Semakin banyak reseller akan semakin banyak barang yang terjual.

8.Menjalin Hubungan Baik dengan Customer
Sebagai seorang penjual kita harus memberi pelayanan terbaik, termasuk kepada mereka yang sudah menjadi customer, sehingga menjadi konsumen tetap dan kembali untuk berbelanja. Bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan kamu kepada teman, kerabat atau keluarga mereka untuk berbelanja.
Demikian tips sukses dibisnis online dengan persaingan yang sangat ketat sekarang. Selama bekerja dengan tekun, kita akan mendapat hasil yang memuaskan dan kesuksesan kemungkinan besar berhasil.
Selamat mencoba

Artikel Terkait

8 Cara Untuk Sukses Dibisnis Online
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email