Thursday

Cara Memilih Mainan Anak Aman Dari Kimia

Tip Memilih Mainan Anak Edukatif Yang Aman

Memilih mainan anak yang aman adalah wajib bagi orang tua. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, mainan anak telah mengalami banyak perubahan. Bahkan mainan aman zaman dahulu sudah sulit ditemukan di era modern seperti sekarang ini. Namun mainan di zaman sekarang kebanyakan berbahaya kurang aman bagi kesehatan sang buah hati, sebab jarang sekali mainan anak bebas kimia. 

Oleh karena itu, sebelum membeli mainan yang aman untuk anak-anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaganya terhindar dari penyakit yang berbahaya. Bagaimana cara atau tips yang tepat? Dibawah ini akan kami berikan ulasan singkatnya memilih mainan yang aman. 

Tips Penting dalam memilih mainan anak bebas kimia
Ketika masa kanak-kanak, mainan menjadi hal yang paling berharga, selain menyenangkan bisa digunakan untuk edukasi si kecil. Tetapi, Komisi Keamanan Produk Amerika mengatakan bahwa kurang lebih ada 250.000 kecelakaan dalam satu tahun yang disebabkan oleh mainan. Ada 1 sampai 3 kasus yang terjadi kepada balita. 

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mainan untuk anak, pastikan mainan tersebut aman untuk dimainkan, bagaimana caranya? Berikut tips Cara memilih mainan anak bebas kimia yang aman.

1.Mainan Anak Benar-benar Aman
Mainan yang telah turun temurun di dalam keluarga jauh lebih baik dibandingkan mainan yang baru. Selama mainan tersebut tidak terlampau lama dari pembuatan mainan tersebut, maka masih tergolong aman. Sebab dikhawatirkan jika pewarna mainan ada yang terkelupas dan masuk ke dalam tubuh si kecil. Anak kecil sangat suka memasukkan benda ke mulutnya dan bukan tidak menutup kemungkinan mainannya.
Bilamana mengharuskan membeli mainan baru, sebaiknya pastikan mainan tidak memiliki sisi yang tajam, pewarna mainan tidak ada yang mengelupas, mainan tidak mudah di tekan bayi, tidak ada kawat panjang lebih dari 18 cm, bila menggunakan magnet pastikan tidak mudah lepas serta carilah mainan yang kuat supaya tidak mudah rusak.

Bagian terpenting adalah memastikan jika mainan anak bebas kimia ini steril dari berbagai bahan seperti kadmium, arsenik, merkuri, phthalate dan kimia berbahaya lainnya.

2.Mainan Memiliki Ukuran Cukup Besar
Anak kecil seringkali memasukkan mainan ke dalam mulut dan hidung, maka memilih mainan dengan ukuran yang cukup besar bisa menghindari balita tersedak mainan atau penyumbatan pada saluran pernapasan. Jadi pastikan mainan memiliki panjang 6 cm minimalnya dan 3 cm minimal lebarnya.

Kita sarankan menghindari mainan yang berbentuk koin dan bola, sebab mainan dengan bentuk ini biasanya memiliki ukuran berdiameter kurang dari 4 cm, dimana ukuran tersebut bisa masuk ke dalam saluran pernapasan si kecil, sehingga sangat berbahaya untuk dimainkan.

3.Setiap Bagian Tidak Mudah Dibuka
Pada saat membeli mainan, pastikan setiap bagian tidak mudah di buka oleh anak-anak. Jika ada tali yang ikat pada mainan, pastikan tali tersebut tidak bisa di tarik oleh balita. Terlebih bila ada kotak baterai, pastikan kotak baterai tersebut tidak akan mudah untuk di buka oleh bayi, sebab akan berbahaya bila baterai sampai terbuka.

4.Hindari Mainan Berupa Balon
Balon memang kerap menjadi pernak pernik yang sangat akrab dengan acara ulang tahun, namun menurut beberapa survey yang dilakukan, ternyata balon menjadi penyebab utama anak-anak tersedak karena menelannya.

Ketika balon pecah atau balon belum di tiup, mainan tersebut dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam mulut yang bisa membuatnya tersedak. Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat balon adalah lateks yang berbahaya. Jadi, lebih baik memilih mainan anak bebas kimia yang aman.

5.Memiliki Pengaman untuk Mainan Dikendarai
Mainan yang bisa dikendarai biasanya digunakan untuk anak yang sudah bisa duduk dengan seimbang tanpa harus dipegangin. Selain itu, produsen mainan kerap menempelkan stiker pada mainan tersebut, salah satunya usia anak yang boleh memainkan permainan tersebut.

Pada saat ingin membeli mainan yang harus dikendarai, sebaiknya mainan tersebut memiliki pengaman bagi yang menaikinya misalnya kuda-kudaan. Hal ini bertujuan supaya bayi tidak terjatuh saat bermain. Kepala yang mengalami benturan akibat terjatuh yang cukup keras tentulah sangat berbahaya untuk perkembangannya.

Tips lain memilih mainan anak yang aman
Setelah memastikan mainan anak bebas kimia, ada tips lain yang harus kamu lakukan supaya semuanya benar-benar aman, sebab perkiraan dengan kenyataan terkadang berbeda. 

1.Perhatikan anak kamu saat memainkan mainan tersebut, apakah sudah aman dan tidak membahayakannya saat bermain

2.Berikan beberapa variasi mainan anak yang Anda berikan untuk merangsang kreativitas dari si kecil

3.Hindari peralatan berbahaya yang bisa dianggapnya mainan seperti gunting, kembang api dan benda-benda berbahaya yang mungkin dimainkannya

4.Pastikan membeli mainan yang bisa merangsang panca indra dari si kecil, serta membuatnya lebih berkembang untuk membuatnya menjadi anak yang cerdas

Mainan merupakan benda yang sangat berharga bagi anak-anak dalam tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, Anda harus pintar dalam memberikan mainan kepada anak, selain untuk digunakan untuk bersenang-senang, mainan juga harus bermanfaat dan terbebas dari bahan kimia. Mainan anak bebas kimia tentulah akan mendukung kesehatan si kecil. 
Baca Yang Lainya. Cara belajar anak usia dini

Artikel Terkait

Cara Memilih Mainan Anak Aman Dari Kimia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email