Thursday

Hadis Tentang Tanggung Jawab Seorang Pemimpin

Hadis Tentang sifat Bertanggung jawab seorang pemimpin itu akan di pertanyakan di hari kiamat nanti. karena barang siapa yang menjadi pemimpin akan diminta pertanggung jawaban atas kepemimpinannya. semua orang pada hakikatnya adalah pemimpin dan pemimpin paling kecil dalam dirinya terus keluarga dan sesuatu yang di pimpin seperti pemimpin RT / RT / sampai presiden.

Manusia diciptakan Allah sebagai mahluk yang sempurna yang di lengkapi dengan akal pikiran. dengan adanya akal itu, manusia berbeda dengan mahluk - mahluk lainya. selain itu dengan adanya akal manusai bisa membedakan yang baik dan yang buruk, yang benar dan yang salah, disitulah manusia akan di minta pertanggung jawaban atas perbuatnya
Oleh karena itu, manusia harus bertanggung jawab atas segala perbuatanya didunia ini. bertanggung jawab dengan semua manusia dan bertanggung jawab dihadapan Allah SWT kelak.

Jika seseorang di dunia dijadikan pemimpin atas semua / sekelompok manusia maka dia dalam memimpinya akan di pertanggug jawabkan dihadapan kelompoknya atau dihadapan Allah. jika dia menjadi pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab maka dia aman ketika dipertanggung jawabkannya kepemimpinanya itu. 

Dalam hadis nabi dijelaskan :
Artinya : Tiada lain bagi seorang hamba yang diamantkan oleh Allah. mengurus rakyat yang pada suatu hari ia mati dalam keadaan menipu rakyat atau tidak bertanggung jawab, kecuali Allah mengharamkan surga untuknya " ( HR. Muttafaq "alaih )

Tidak ada seorang pun yang tidak disebut sebagai pemimpin. setiap manusia menjadi pemimpin baik pemimpin besar maupun kecil. pemimpin kecil yaitu pemimpin keluarga, pemimpin besar adalah pemimpin umat atau masyarakat, baik sebagai presiden. gubernur, bupati, camat, lurah, ulama dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kepentingan umum.

Itu Kan Dipertanggung jawabkan semua atas kepemimpinanya.
Dalam hadis lain dijelaskan :
Artinya : "Kamu semua adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya." ( H.R. Bukhori )

Itulah sekilas tentang seorang manusia dihadapan Allah adalah pemimpin, sebab itu kita harus selalu bertanggung jawab atas dirinya dihadapan Allah kelak kita akan di pertanyakan segala perbuatan kita, maka dari pada itu kita selalu bertaubat meminta ampun selalu beristighfar agar kita diampuni dosanya oleh Allah, dan memohon dibimbing dalam memimpin dirinya dan yang diamanatkan rakyat.

Artikel Terkait

Hadis Tentang Tanggung Jawab Seorang Pemimpin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email