Thursday

Hadis Larangan Berputus Asa Atas Rahmat Allah

Hadis tentang larangan berputus asa Dari Rahmat Allah
Allah SWT sangat-sangat melarang kita untuk berputus asa. karena putus asa merupakan bagian dari orang-orang kafir. Berputus asa itu adalah memutus diri dari Rahmat Allah, hal itu sangat di larang sekali oleh Allah dan Rasulullah. dalam satu hadis di jelaskan tentang larangan berputus asa.

dari Ibnu Mas'ud berkata, Rasulullah bersabda :

artinya : " pendosa yang mengharapkan rahmat Allah adalah lebih dekat kepada Allah daripada abid ( ahli ibadat ) yang membuat orang berputus asa dari rahmat Allah."
Dalam alqur'an juga dijelaskan larangan berputus asa karena berputus asa itu dosa besar
قَالَ وَمَنْ يَقْنَطُ مِنْ رَحْمَةِ رَبِّهِ إِلَّا الضَّالُّونَ

“Ibrahim berkata :’Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Rabbnya, kecuali orang-orang yang sesat.’”(Q.S. Al Hijr: 56)
Dan Ayat lainay -Nya:

وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.”(Q.S. Yusuf : 87)
Ada satu cerita dikisahkan dari Zaid bin Aslam dari Umar, bahwa seorang laki-laki dari umat dahulu rajin beribadah, namun memberatkan diri serta membuat orang orang putus asa dari Rahmat Allah.

kemudian ia mati, lalu berkata ( didalam akhirat ) Wahai Tuhanku, apakah yang engkau sediakan bagiku?" Allah menjawab" api neraka" orang itu berkata " wahai tuhanku, manakah ibadah dan jerih payah ku?" Allah menjawab' dulu engkau membuat orang orang berputus asa dari Rahmat-Ku"

Dalam cerita lain di ceritakan orang yang tidak pernah putus asa "
diriwayatkan dari abu hurairah dari Nabi : bahwa ada seorang laki laki tidak pernah berbuat kebaikan sedikit pun kecuali mengesakan Allah ( mentauhidkan). ketika menjelang mati ia berkata kepada keluarganya, " jika aku mati bakarlah aku dengan api sampai menjadi abu, kemudian buanglah abunya kelaut.

merekapun melaksanakan wasiatnya. kemudian ia ditanya oleh Allah" Apakah yang  menyebabkan engkau melakukan hal ini?" orang itu menjawab" aku takut kepada-Mu" Maka Allah mengampuninya padahal ia tidak pernah berbuat kebaikan sedikit pun selain mengesakan Allah ( tauhid).
sumber : kitab petuah usfuriyah 
Baca Artikel Terkait : Hadis Tentang Tolong Menolong sesama manusia

Artikel Terkait

Hadis Larangan Berputus Asa Atas Rahmat Allah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email