Sunday

Kisah Dan Nama Ashabul Kahfi Di Dalam Gua

Salah satu kisah menarik dalam al-quran adalah kisah ashabul kahfi yang menceritakan keajaiban yang dialami oleh sekelompok pemuda soleh yang tertidur dalam sebuah gua selama ratusan tahun lamanya. mereka bersembunyi digua mengindari kejaran bala tentara yang kejam, mereka berniat tidur hanya semalam saja, ternyata setelah bangun semua sudah berubah.

Salah satu negara yang diangggap sebagai tempat gua ashabul kahfi adalah negara turki. dinegara ini ada 3 goa yang diklaim oleh masarakat setempat salah satunya goa ashabul kahfi . gua pertama terletak didaerah efes, kira kira 640 km dari ibu kota turki, istambul menurut ppenduduk setempat . efes pernah juga disinggahi oleh siti maryam dan yuhanah sahabat karib nabi Isa.

Pada Masa ashabul kahfi penduduk setempat tidak ada yang beriman kepada Allah kecuali 7 pemudah ashabul kahfi itu sendiri mereka lari ke gua semata- mata untuk mempertahankan iman dan akidahnya.

Gua kedua terletak digua tarsus. daerah ini banyak dikaitkan dengan kisah para nabi . Nabi Tsis dan daniel. ddiduga dikubur didaerah ini , penduduk setempat mengklaim bahwa gua tersebut tempat gua ashabul kahfi, dan gua ini gua yang paling besar diantara gua - gua yang lain.
Gua Ketiga terletak didaerah Afsyin gua ini diklaim masyarakat setempat sebagai gua ashabul kahfi dan gua ini tidak pernah sepi dari pegunjung baik pengunjung daerah setempat maupun daerah sekitar-nya.

dalam kisah ashabul kahfi tidur digua bermula ketika terdengar kabar sang raja akan membunuh mereka  lalu 7 pemuda ashabul kahfi tersebut pergi meninggalkan keluarganya untuk menyelamatkan akidahnya, dengan kehendak Allah mereka mendapat ilham untuk masuk di gua, Allah Menolong Mereka ditidurkan didalam gua ada yang berpendapat selama 309 hijriyah /  300 tahun masehi.

dan pada saat itu bala tentara yang kejam mengetahui bahwa 7 pemudah ashabul kahfi itu masuk ke dalam gua, ahirnya maksud dari bala tentara yang mengejar mereka menutup pintu gua tersebut dengan batu batuan dimaksud agar 7 pemudah tersebut tidak bisa keluar membeli makan dan ahirnya kelaparan didalam gua bisa meninggal dengan sendirinya.

tapi apa yang disangkakan bala tentara yang kejam itu salah, dengan izin Allah pemudah ashabul kahfi itu di tidurkan Allah selama bertahun tahun didalam gua sampai berganti kepemimpinan dari raja yang kejam raja Dakianus sudah meningal sampai di ganti raja baru yaitu Baidarus atau Teodesius yang memerintah dari tahun 408 - 450 ia adalah raja yang beriman kepada Allah yang ahirnya ashabul kahfi di dipagil oleh raja untuk bercerita asal mula perjalanan mereka ada didalam gua.

Berikut dari nama nama Ashabul kahfi tersebut adalah Yanbiha, Mexilina, Mitsrina, Marnus, Tibarnus, Sasinus, Kefestetayus. dan seekor anjing bernama kitmir.

itulah cerita singkat perjalanan ashabul kahfi ditidur di gua untuk  menyelamatkan akidahnya dari kejahatan rajanya pada waktu itu rajanya seorang yang kafir lagi kejam.


Artikel Terkait

Kisah Dan Nama Ashabul Kahfi Di Dalam Gua
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email