Friday

Hadis Tentang Kebersihan Dalam Islam

Hadis Tentang Kebersihan Dalam Islam

MARTIZAINFO. Kumpulan Hadits Tentang Kebersihan - Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau, Islam menganjurkan umatnya untuk selalu menjaaga kebersihan dohir dan bati. Banyak ayat alqur’an dan hadis menjelaskan tentang pentingnya kebersihan secara menyeluruh.

Baca Juga : Hadis Tentang Tolong Menolong 

Dalam Islam kebersihan ada dua jenis kebersihan dohir meliputi kebersihan jasmaniah dari kotoran dan najis, kebersihan batih yaitu kebersihan dari segala kotoran kesyirikan dan kotoran makana yang yang tidak halal dan subhat ( masih samar kehalalanya belum jelas ), sehingga seorang muslim ketika mau solat harus berwudu untuk membersikan dari dohir dan batinya.


Rasulullah saw. sangat menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan, tubuh kita akan sehat dan kuat. Dalam syariat Islam, ketika mengerjakan salat diwajibkan bagi umat Islam agar bersih.
Berikut alqur’an dan hadis yang menerangkan tentang kebersihan


اَلْاِسْلاَمُ نَظِيْفٌ فَتَنَظَّفُوْافَإِنَّهُ لاَيَدْخُلُ الْجَنَّةَإِلاَّنَظِيْفٌ

Artinya: “Islam itu bersih maka jagalah kebersihan (dirimu), sesungguhnya tidak masuk surga kecuali yang bersih.” (HR. Baihaqi)

Dari hadis diatas menunjukan bahwa orang yang masuk surga itu hanya orang yang bersih dari segala dosa yang timbul dari penyakit hati semisal kesombongan, drengki, hasad, dll.

إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِين

Artinya : “SesungguhNya Allah mengasihi orang-orang yang banyak bertaubat, dan mengasihi orang-orang yang sentiasa mensucikan diri.”

Allah akan menyukai hambanya yang membersikan diri dari noda noda dosa dengan toubat kepada Allah, meminta ampunan kepada-Nya.
طَهَارَةُ الْقَلْبِ مِنَ الشِّرْكِ عَلَي اللهِ تَعَالَي وَ فِي عِبَادَتِهِ وَمِنْ صِفَاتِ الْمَذْمُوْمَاتِ
Artinya : membersihkan hati dari segala bentuk kemusyrikan terhadap Alloh swt, juga membersihkan hati di dalam beribadah kepada-Nya, dan juga membersihkan diri dari berbagai sifat yang tercela.

الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ الحديث (رواه مسلم).
Artinya : kebersihan merupakan salah satu juz dari iman (HR Muslim)

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِفْتَاحُ الصَّلاةِ الطُّهُورُ (رواه التيرمدى: 221)
Artinya:
Dari Abu Sa'id berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Kunci dari salat adalah bersuci.” (H.R. at-Tirmizi: 221)

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ
Artinya : Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”. (HR. At- Turmudzi)


خَمْسٌ مِنَ اْلفِطْرَةِ:اَلاِسْتِخدَادُالْخِتَانُ قَصُّ الشَارِبِ نَتْفُ اْلاِبْطِ تَقْلِيْمُ اْلاَظْفَارِ
Artinya: Lima fitrah (tabiat) yang bersih: mencukur rambut kemaluan, berkhitan, menggunting kumis, mencukur bulu ketiak, mengerat (memotong) kuku. (HR. Ahmad).

itulah beberapa hadis tentang kebersihan mudah - mudahan bermanfaat untuk semuanya, bisa dimanfaatkan untuk khotbah dan latihan latihan khotbah bagi para santry.

Artikel Terkait

Hadis Tentang Kebersihan Dalam Islam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email