Saturday

Manfaat Jamur Bagi Manusia Untuk Kesehatan Mata


Manfaat Air Jamur (kam’ah) Sebagai Obat Mata
MARTIZAINFO_ Ada suatu kisah menarik mengenai manfaat  Air Jamur , Dahulu pada zaman sang kholifah Abbasiyah Al-Mutawakil, pernah memanggil Ibnu al-jahim ke istana, setelah bertatap muka, beliau sang kholifah bertanya kepada Ibnu Jahim 
“engkau telah memperbanyak obat-obatan bagi mataku, tetapi semua tidak ada berhasil. Maka tanyakanlah pada para ulama apakah mereka mengetahu hadis dalam hal ini.”

Mendengar perintah sang kholifah seperti itu Ibnu Jahim menemui Imam Ahmad Ibn Hanbal, lalu menanyakan tentang masalah itu kepadnya.
Baca Juga : Cara Merawat Rambut Tetap Sehat
Imam Ahmad bin hanbal kemudian menjawab , syahr ibn khusya ibn’ abdu Rahman ibn ghanam meriwayatkan kepaada kami dari Abu Hurairah RA Mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda : “Jamur termasuk mana dan airnya menyembuhkan (penyakit )mata.”
Setelah mendapat jawaban dari beliau Al-jahim merasa puas dengan jawaban imam Ahmad Bin Hanbal . kemudian kembali menemui sang kholifah . setelah bertemu dengannya al-jahim pun mengutarakan kembali apa yang dipesankan Imam Ahmad Bin Hanbal.

Setelah kholifah mendengar keterangan al-jahim beliau langsung memanggil dokter pribadi kerajaan  yaitu Yuana iIn Masawaih.  

Kemudian kholifah bertanya pada dokter pribadinya  “wahai dokter bagaimanakah air jamur dikeluarkan?”

Dokter itu menjawab“aku akan mengeluarkannya “
Kemudian dokter menggambil jamur itu untuk mengulitinya. Setelah dikuliti ,jamur itu kemudian digodok sampai agak masak, setelah itu jamur itu dibelah dan dikeluarkan airnya, lalu air itu diteteskan ke mata Kholifah Al-Mutawakil dan sembuhlah dia berkat pertolongan Allah melalui air jamur tersebut.
mudah-mudahan bermanfaat.
Wallahu a’lam
Disandur dari majalah hidayah edisi 34, mei  tahun 2004 hlm 92

Artikel Terkait

Manfaat Jamur Bagi Manusia Untuk Kesehatan Mata
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email