Saturday

6 Cara Mengatasi Ponsel Tidak Cepat Panas


Tip Mengatasi Ponsel Android Panas

[Oleh : Aksesoris Hp Di Tegal / [Konter HP Lengkap DiTegal ]

Hp Android Cepat Panas ! Itu Hal yang biasa jika Ponsel terasa panas saat dipegag dan beberapa dari anda mungkin juga pernah mengalaminya khususnya cenis ponsel cerdas yang umumnya memiliki banyak aplikasi dengan kinerja tinggi. 

Meskipun dianggap wajar namun ponsel yang cepat panas secara berebihan atau overheat tidak boleh dianggap remeh, karena efeknya yang dapat membahayakan. Oleh karena itu sangat penting untuk mencari tahu mengapa Hp menjadi lebih mudah panas, dimulai dari sinilah Anda dapat mulai menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya. 

Secara umum faktor yang bisa menyebabkan ponsel menjadi overheat sangat beragam mulai dari kesalahan dalam pemakaiannya sampai adanya masalah pada hardware.

Perangkat yang cepat panas berlebih dapat menyebabkan baterai menjadi lebih boros, hal ini dikarenakan suhu yang tinggi mampu menurunkan kinerja baterai. Jika terus dibiarkan tidak menutup kemungkinan baterai dapat mengalami kerusakan atau justru berpotensi mempercepat keruskan pada ponsel  itu sendiri. Dalam kondisi yang serius overheat pada ponsel juga menyebabkannya meledak. Namun Anda jangan khawatir, ada beberapa tip mengatasi Hp tidak cepat panas diantaranya adalah :

Hanya Gunakan Baterai Original

Tidak ada salahnya mengganti baterai ponsel, ketika Anda sering mendapati ponsel menjadi lebih cepat panas karena tidak menutup kemungkinan hal ini disebabkan oleh kondisi baterainya yang sudah tidak bisa berfungsi secara normal. Jangan asal mengganti baterai apalagi jika memilih yang palsu, pastikan Anda memilih produk dengan kualitas yang begus. Kualitas baterai yang digunakan berpengaruh besar pada kinerja ponsel.


Hanya Install Aplikasi yang diperlukan Saja

Dewasa ini ponsel bukan hanya berfungsi untuk menelepon ataupun berkiran pesan singkat saja, berbagai fitur yang semakin canggih membuat sebuah ponsel dapat membantu manusia modern dengan berbagai aplikasi yang tertanam dalam smartphone. Ada banyak aplikasi menarik yang bisa diinstall pada ponsel android Anda, namun disarankan untuk hanya memasang aplikasi yang penting-penting saja sesuai dengan kebutuhan. Semakin banyaknya aplikasi yang dipasang akan membuat kinerja ponsel semakin menurun, super lelet dan menyebabkannya menjadi cepat panas.


Perhatikan Kondisi Sekitar saat Menggunakan Smartphone

Tidak banyak yang memperhatikan situasi area sekelilingnya saat sedang asik bermain ponsel, padahal berada di ruangan yang pengap atau area dengan suhu yang tinggi juga bisa menyebabkan perangkat gadget menjadi lebih mudah panas. Sebaiknya carilah area yang lebih sejuk saat akan mengoperasikan ponsel Anda khususnya jika ingin browsing ataupun bermain game. 


Hindari Menggegam Smarphone Terlalu Erat

Cara memegang bagian belakang ponsel yang salah ternyata juga dapat menyebabkan naiknya suhu pada smartphone, hal ini disebabkan panas yang berasal dari dalam ponsel menjadi tidak terlepas dengan sempurna karena tertahan telapak tangan Anda. Oleh karena itu disarankan untuk tidak terlalu erat menggegam smarphone saat sedang digunakan dan berikan ruang yang bisa mendukung  sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. 


Batasi Browsing dan Bermain Game

Selain untuk mempermudah pekerjaan smartphone juga dapat menjadi media untuk mendapatkan hiburan secara lebih praktis. Dengan melengkapi perangkat dengan fitur konektivitas yang lebih lengkap dan beberapa jenis game yang seru, Anda dapat browsing maupun bermain game dimanapun dan kapanpun. Terkadang karena berbagai kelebihan yang ditawarkan, kita lupa bahwa perangkat ini juga memiliki batasan. Terlalu sering bermain ponsel dalam durasi yang cukup lama bisa menyebabkannya menjadi lebih cepat panas dan lambat laun kinerjanya akan terus berkurang terutama jika ponsel digunakan untuk melakukn aktivitas yang cukup berat seperti browsing maupun bermain game.  


Melakukan Perawatan pada Baterai

Mengeluarkan sejumlah dana untuk merawat smatphone tentu akan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan memperbaiki. Secara umum fungsi baterai pada ponsel akan terus berkurang setiap harinya, oleh karena itu sebaiknya lakukan pergantian baterai secara berkala minimal jika sudah berusia satu tahun sehingga dapat berfungsi lebih baik lagi. Hal lainnya yang tidak boleh luput dari perhatian adalah tidak disarankan mengisi baterai terlalu lama, mengingat hal ini dapat menyebbkan baterai menjadi lebih cepat ngedrop dan bocor. Biasanya pengecasan maksimal hanya sekitar 2 sampai 3 jam saja.


Demikianlah beberapa tip mengatasi Hp tidak cepat panas semoga dapat bermanfaat.

 




Artikel Terkait

6 Cara Mengatasi Ponsel Tidak Cepat Panas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email