Tuesday

Cara Sholat Dhuha dan Manfaatnya

Keutamaan Solat Dhua Untuk Kesehatan Dan Mempermudah Rizki

Tata Cara Sholat Dhuha



Sholat dhuha  yaitu solat sunah yang dilakukan baik 2 rokaat , 4 rokaat maupun 8 rakaat dengan tujuan untuk dimudahkan pintu rezeki dengan penuh keberkahan


Waktu sholat sunah dhuha

solat sunah dhuha dilakukan pada pagi hari setelah terbitnya matahari sampai terglincirnya matahari.

ما بين ارتفاع الشمس إلى زوالها


”Waktu ketika matahari mulai meninggi sampai datangnya zawal (tergelincirnya matahari). (al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah, 27/221).

Kira kira jam 06.00 sampai 11.00

Dari Uqbah bin Amir radhiallahu anhu dia berkata:



“Ada tiga waktu di mana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kami untuk melaksanakan shalat di tiga waktu tersebut atau menguburkan jenazah kami: [1] ketika matahari terbit sampai tinggi, [2] ketika seseorang berdiri di tengah bayangannya sampai matahari tergelincir dan [3] ketika matahari miring hendak tenggelam sampai benar-benar tenggelam.” (HR. Muslim no. 1926)


Tata Cara Solat Dhuha



Yang pertama adalah membaca niat di dalam hati sembari takbiratul ihram, bisa mengucapkan niat menggunakan bahasa Arab maupun bahasa sendiri yang terpenting adalah memang niat untuk melakukan sholat dhuha.




Niat Sholat Dhua :



“Saya berniat sholat dhuha 2 rakaat menghadap kiblat karena allah ta’ala”.



Kemudian untuk langkah berikutnya adalah membaca doa iftitah dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah.

Kemudian jika sudah selesai dalam membaca surat Al FATIHAH, dilanjutkan dengan membaca SURAT Pendek yang sudah kamu haflkan.



Setelah itu melakukan gerakan ruku’ dan juga membaca bacaan tasbih sebanyak tiga kali, kemudian dilanjutkan dengan gerakan I’tidal serta membacakan bacaannya.

Kemudian lakukan gerakan sujud serta membaca tasbih sebanyak tiga kali dan diikuti dengan gerakan duduk di antara dua sujud serta membacakan bacaannya. Setelah itu dilanjutkan dengan gerakan sujud kembali sembari membaca bacaan saat sujud.

Setelah semua gerakan tersebut selesai, berarti rakaat pertama sudah selesai, dan

pada rakaat kedua, tata caranya sama dengan rakaat pertama.

Kemudian setelah rakaat kedua selesai, pada saat tasyahhud akhir selesai, maka ucapkan salam sebanyak dua kali. Dan jika memang di dalam melakukan kegiatan sholat dhuha memilih lebih dari dua rakaat, maka tata caranya juga tetap sama dan

di dalam melakukannya juga jika sudah dua rakaat selesai maka salam begitu seterusnya.



Manfaat Sholat Sunah Dhuhah



Dalam sholat sunah dhuha manfaatnya sangat banyak sekali terutama yang dikenal dikalangan umat islam umumnya yaitu  untuk mempermudah jalanya rizki kita, selain itu masih banyak dari manfaat solat sunah dhuha, antara lain



Pertama : Sebagai Amal Sodaqoh seluruh sendi sendi kita

Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma'ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha." (HR. Muslim, no. 1181)



Kedua : supaya mati dalam keadaan khusnul khotimah

Diriwayatkan oleh Bukhari, no. 1178, dan Muslim, no. 721, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, dia berkata,

Kekasihku (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam) telah berwasiat kepadaku tentang tiga perkara agar jangan aku tinggalkan hingga mati; Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur dalam keadaan sudah melakukan shalat Witir."



Ketiga : dengan Solat Shunah Dhuha akan mendapat perlindungan dari Allah

Dari Abu Darda dan Abu Dzar radhiallahu anhuma dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dari Allah Azza wa Jalla, bahwa Dia berfirman, "Wahai anak Adam shalatlah empat rakaat di awal hari, Aku akan lindungi engkau hingga akhirnya." (HR. Tirmizi, no. 437, dishahihkan oleh Al-Albany)



Keempat : hati menjadi tenang

Al-Mubarakfuri rahimahullah berkata, yang dimaksud 'shalat di awal siang adalah shalat Dhuha, ada pula yang mengatakan shalat isyraq, ada pula yang mengatakan shalat sunnah Shubuh dan fardhunya, karena dia merupakan shalat fardhu pertama di siang hari. Aku katakan, 'Pengarang (sunan Tirmizi) begitu juga Abu Daud memahami shalat tersebut sebagai shalat Dhuha, karena itu keduanya memasukkan hadits ini dalam bab Shalat Dhuha. Sedangkan yang dimaksud menjaga adalah menjaga urusannya hingga akhir siang. Ath-Thaiby berkata, maksudnya adalah 'Aku lindungi kesibukan dan kebutuhanmu serta melindungi engkau dari segalah keburukan setelah shalatmu hingga akhir siang. Maksudnya, berkonsentrasilah beribadah kepada-Ku di awal siang, maka Aku akan tenangkan pikiranmu hingga akhir siang dengan memenuhi semua kebutuhanmu." (Tuhfatul Ahwazi, 2/478)



KeLima : akan di cukupi kebutuhan hidupnya

Sebagaimana yang di terangkan pada manfaat solat sunah dhuha ke empat.

Keenam : Orang yang solat duha akan diampuni dosanya
sebagaimana dalam hadis dijelaskan :
barangsiapa yang selalu mengerjakan solat duha niscahaya  akan diampuni dosa -dosanya walau sebanyak buih lautan" H.R.Turmudzi .




Do’a solat sunah Dhuha



Artikel Terkait

Cara Sholat Dhuha dan Manfaatnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email