Monday

Hadis Tentang Cinta Dan Kasih Sayang

Hadis Tentang Cinta Dan Kasih Sayang
sifat Cinta dan kasih sayang itu sangat dianjurkan oleh Nabi Muhamad SAW. karena sifat cinta dan kasih saya itu ada dalam diri Nabi. maka sepantasnya umat muslim harus mengikuti baginda Nabi dengan memiliki sifat cinta dan kasih sayang kepada mahluk Allah. bukan hanya kepada manusia saja tetapi pada segenap mahluk Allah.


Dengan rasa cinta dan kasih sayang maka kehidupan dunia ini akan menjadi damaih. banyak kerusakan banyak pristiwa pristiwa peperangan, pertengkaran itu semua sebab tidak ada rasa cinta dan kasih sayang. bahkan rumah tangga akan sejahtera bila diantara suami dan istri ada sifat cinta dan kasih sayang, begitu pula dunia maupun negara.
Ada beberapa hadis Nabi yang menjelaskan tentang sifat cinta dan kasih sayang itu penting antara lain sebagai berikut :

dalam hadis pertama disebutkan :




artinya : barang siapa yang ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya Hendaklah dia berbicara benar ( jujur ) menepati amanat dan tidak menggangu tetangga. ( H.R Al baihaqi )


hadis ini menunjukan bahwa kita diprintahkan untuk tidak mengganggu tetangga, supaya kita tidak mengganggu tetangga atau teman dibutuhkan dibutuhkan sifat cinta dan kasih sayang, sehingga tidak ada rasa benci dan drengki. hanya ada sifat chinta dan sayang untuk saling membantu sesama tetangga / gotong royong. ( Baca : Hadis Keutamaan tolong menolong ).

Hadis Kedua disebutkan :


artinya : Barang Siapa mengutamaakan kecintaan Allah atas kecintaan Manusia maka Allah akan Melindunginya dari beban gangguan manusia. ( H.R. Adailami) 


dalam hadis ini Allah mengingatkan pada manusia kususnya umat islam. bahwa ketika rasa cinta kita mengutamakan cintanya kepada Allah maka Allah akan menolongnya dari ganguan gangguan kejahatan manusia. artinya apa? bahwa dengan rasa cinta kita kepada Allah kita tidak boleh memntinggan diri sendiri tapi kita harus mementikan orang yang butuh pertolongan yang harus kita tolong demi karena cintanya kita kepada Allah.

hadis ke tiga disebutkan

yang artinya : paling kuat tali hubungan  keimanan ialah cinta karena Allah dan benci karena Allah ( H.R.Athobrani )


disini dijelaskan setiap yang kita cintai dan kita sayangi sebab cintanya kita kepada sesuatu karena cintanya kita kepada Allah. hubungan cinta yang seperti itu yaitu cinta yang paling kuat dan paling bagus dalam keimanan. maka setiap yang kita cintai berdasarkan keimanan dan cinta karena Allah.


itulah hadis tentang cinta dan kasih sayang, begitu hebatnya sesorang jika memiliki sifat cinta dan kasih sayang di dasarkan karena cintanya kepda Allah, sebab cinta yang berdasrkan cinta karena Allah istilah dalam bahasa anak muda sekarang tidak begitu matrai sekali . artinya ketika menjalin cinta antara laki laki dan perempuan akan selalu berhati hati supaya tidak terjrumus dalam kemaksiatan atau perzinaan.


begitu setelah menikah karena cintanya didasari rasa cinta kepada Allah maka pondasi rumah tangga akan kokoh dan kuat ketika ditimpa berbagai persoalan hidup dalam rumah tangga dihadapi dengan rasa sabar dan Syukur kepada Allah ( baca : hadis keutamaan sabar dan sukur )


Artikel Terkait

Hadis Tentang Cinta Dan Kasih Sayang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email