Monday

Modal Usaha Hutang Menjadi Untung

Mulai Usaha Dengan Modal Utang Menjadi Untuk
Perlu dihati-hati jika anda berhutang kepada pihak bank atau pun siapa saja, sebelum anda mengambil tindakan untuk berhutang, sebaiknya jika kita mau hutang jadikan hutang itu nantinya menjadi untung bukan hutang menjadi buntung, karena masyarakat indonesia hampir 99 % masyarakatnya bekantung kepada hutang, karena kemungkin untuk hutang dibank sekarang prosesnya sangat mudah dan cepat. bakan mereka pengelola bank sendiri mencari nasabah untuk dipinjami modal.

Bagaimana Sikap yang kita ambil jika kita mau hutang supaya tidak terjerat hutang, karena itu kita harus punya sikap pertama untuk apa hutang tersebut?.Berapa hutang yang akan diambil? bagaimana hutang itu dikembalikan?.

Dengan anda menentukan sikap diatas maka jika mau mengambil hutang kepihak Bank atau orang lain kita akan melihat kebutuhan dan kegunaan hutang tersebut, sehingga dalam berhutang akan dibelanjakan untuk apa, mungkin dengan pertanyaan diatas kita akan sedikit perfiki dalam memutuskan untuk berhutang,

Sekarang bagaimana merubah hutang menjadi untung dalam bukunya Erwin Prastyo dijelaskan :
ada beberapa trik untuk hutang menjadi untuk sebagai berikut :
  1. Berlaku jujur terhadap kondisi keuangan anda.
  2. Alokasikan 10% dari penghasilan kotor untuk membangun aset bisnis, bila anda melakukan ini maka semakin cepat anda keluar dari hutang konsep ini biasa disebut "Pay Yourself First" alisa bayar anda sendiri dulu.
  3. Alokasikan 10% dari penghasilan kotor untuk kegiatan sosial,
  4. alokasikan 10%- 30% dari penghasilan kotor untuk cicilan hutang, 
  5. Alokasikan maksimal hanya 15%-30% dari penghasilan kotor untuk kepentingan pribadi tapi jangan boros karena masih dalam posisi berhutang,
  6. Senantiasa mencari kemungkinan kesempatan bisnis lain, gunakan dana yang masih ada untuk menghasilkan dari hal yang baru,demi pemasukan guna membayar hutang.
Supaya hutang kita menjadi untung pandai pandailah kita memilih jenis usaha yang pas, karena memilih jenis usaha yang tepat akan mendukung kesuksesan kita dalam berusaha, jika kita salah memilih jenis usaha hanya membuang tenaga dan waktu. untuk memilih jenis usaha tidak usah muluk muluk pertama cukup dengan usaha anda memiliki prospek yang baik,

Jika ingin mengacu pada usaha besar dalam memilih jenis usaha lakukan analisis SWOT (Strenght, Weaknes, Oportunity, Treat). hal ini sering dilakukan pengusahan sebagai analisis awal dalam membentuk usaha.
berikut cara sederhana yang bisa dilakukan dengan mengacu pada SWOT :
Pertama (Stranght) : kekuatan "cari kekuatan apa yang dimiliki kita dalam menentukan usaha baik segi bakat, kemampuan atau tempat yang kita akan tempati ber usaha strategis tidak untuk usaha yang akan dijalani. ini penentuan awal kita buka usaha.

kedua (Weaknes) : Kelemahan "ketahui terlebih dahulu kelemahan kita , jangan kita usaha tetapi kita tidak punya kemampuan untuk menjalankan, contoh kita tidak mampu usaha bengkel motor, kita memaksakan diri buka usaha bengkel motor sebab mengikuti orang yang kita sendiri tidak mengerti mesin atau hal hal yang berkaitan dengan mesin motor. hal ini yang sering usaha macet.

Ketiga (Oportunity):Peluang "cari peluang usaha seperti didekat kampus . sekolah ini bisa usaha seperti alat ATK, Foto Copy dll. selagi ada peluang usaha dimana saja. konter hp juga cocok dekat kampus.

Keempat Ancaman (Treat) "Amati ancaman usaha anda, jika anda dalam berusaha tidak selalu menjaga kualitas dan pelayanan yang baik maka ada kemungkinan ancaman pelanggan lari ketempat yang lain.

Jika anda sudah menganalisi jenis usaha yang anda akan dijalani, tetapi Modal Usaha Anda Sedikit, anda jangan berkecil hati untuk memulai usaha kita harus percaya diri walaupun modal kita pas pasan atau modal kecil. kebanyakan orang sukses berawal dari modal kecil, intinya kita mau tidak! untuk sukses berusaha dengan kerja keras dan sabar.

Bagaimana dengan peluang usaha aksesoris hp dibagian lain sudah saya paparkan analisis usaha konter hp. untuk usaha konter hp menurut saya masih bagus, dikarenakan sekarang dikampung kampung sudah banyak orang yang menggunakan hp bahkan hp android yang selalu butuh paket internet. yang pasti mereka butuh pulsa, sedangkan aksesoris hp dan sejenisnya itu dibutuhkan karena dengan pernik pernik aksesoris hp, ponsel menjadi unik dan bagus. apalagi anak muda sekarang sering model model tampilan ho yang keren.




Artikel Terkait

Modal Usaha Hutang Menjadi Untung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email