Thursday

Bahaya Mengunakan Heandset Bagi Telinga

Bahaya Mengunakan Heandset Bagi Telinga



Manfaat dan bahaya headset – Headset merupakan alat untuk mendengarkan musik yang langsung terhubung antara smartphone ke Telinga. Penggunaan headset sangat Sering dilakukan oleh setiap orang. Hal itu terlihat ketika beberapa orang kerap menggunakan headset di berbagai aktivitasnya. Misalkan saat santai, menaiki bus, disekolah, istirahat kerja dan ketika ingin tidur. Mereka dengan enjoy menggunakan headset.



Headset bisa dibeli pada toko, banyak yang menyediakan headset dengan segala tipe. Baik yang bagus hingga biasa, sebaiknya anda memilih tipe yang bagus agar headset awet. Penjual headset kadang menyediakan dua tipe headset yang ori dan kawe dari segi harga sangat berbeda dan kualitas suara juga pun berbeda. Memang alat ini memiliki keunggulan dalam hal harga. Terjangkau dan murah sekali sehingga banyak konsumen yang menggunakan headset.






Dari kebanyakan anak muda sekarang  memilih mendengarkan lagu menggunakan headset karena ada keunggulannya. Keunggulan tersebut biasanya mampu mendengarkan musik yang disukai secara utuh. Tetapi Jangan senang dulu meski headset mempunyai kelebihan tetapi alat ini dapat menimbulkan bahaya. Manfaat dan bahaya headset apa yang wajib anda ketahui?

Ada beberapa manfaat dan bahaya Heandset Bagi Telinga jika di pakai terlalu lama.  



Manfaat Headset Dalam Mendengarkan Musik

Manfaat menggunakan headset mungkin hanya ada beberapa saja. Salah satunya yaitu anda bisa mendengarkan musik dengan jelas tanpa ada gangguan suara lainnya. Mendengarkan lagu menggunakan headset tidak menimbulkan dampak berisik karena hanya didengarkan oleh diri sendiri. Musik yang didengar melalui headset sangat bagus dan tidak cempreng. Anda bisa mendalami lagu yang didengarkan hingga akhirnya mudah menghafalkan liriknya.






Menggunakan headset membuat anda lebih enjoy dan bisa mengikuti irama musik. Bahkan tidak sengaja anda ingin menggerakkan tubuh untuk berjoget. Berbeda ketika mendengarkan lagu dengan smartphone langsung. Musiknya terdengar seperti biasa saja dan bahkan anda tidak bisa mendengarkan dengan konsentrasi karena ada gangguan suara dari luar. Sangat nyaman sekali menggunakan headset apalagi kalau lagi santai.



Itulah manfaat headset yang harus diketahui. Manfaat tersebut membuat orang semakin jatuh cinta mendengarkan musik menggunakan headset, tetapi ingat untuk selalu mengetahui batasan menggunakan headset. Bila menggunakannya dengan jarang maka, tidak akan menimbulkan efek negatif. Sebaliknya jika terlalu sering menggunakan headset maka siap-siap saja telinga anda akan bermasalah.



Bahaya Mengunakan Heandset

Bahaya menggunakan headset jarang diketahui oleh penggunanya. Bahkan mereka menggunakannya dengan tidak memperhatikan peraturan yang ada. Hal tersebut dapat menimbulkan efek negatif yang berakibat fatal. Berikut ini merupakan bahaya penggunaan headset yang terlalu berlebihan.



1.Menyebabkan ketulian

Headset yang dipakai dalam waktu terlalu lama dengan volume keras menyebabkan tuli permanen. Awalnya anda hanya mengalami tuli sesaat yang bisa disembuhkan dengan meminimalisir penggunaan headset, sebaliknya jika anda tetap memaksa menggunakan headset secara terus-menerus dengan volume yang tinggi maka telinga anda tidak dapat mendengarkan apapun.






Bila merasa telinga anda sudah kurang mampu menangkap suara maka, hentikan penggunaan headset. Istirahat dulu agar telinga kembali normal.



2.Telinga menjadi berdengung

Menggunakan headset tanpa aturan membuat telinga berdengung. Telinga yang berdengung membuat pendengaran anda tidak nyaman. Bila anda mengalami hal ini maka bisa disembuhkan dengan cara yang mudah. Tarik nafas secara dalam dan tahan dan tiup udara keluar sambil memencet hidung. Lakukan secara berulang hingga anda bisa merasakan telinga menjadi normal kembali.






3.Tidak peduli dengan lingkungan sekitar

Menggunakan headset artinya anda membungkam telinga dengan lagu yang diputar. Anda tidak akan mendengarkan suara lain yang berada disekitar. Kegiatan mendengarkan menggunakan headset semakin asyik dan menjadikan anda sebagai orang yang kurang melakukan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut membuat anda semakin jauh dari lingkungan dan menjadi anti social.



4.Kecelakaan

Memakai headset terlalu lama saat mengendarai sepeda atau mobil juga dapat membahayakan diri. Saat mendengarkan musik dengan headset maka, anda kurang awas dengan keadaan jalanan. Anda tidak akan mendengarkan klakson mobil lain atau juga bisa kurang memperhatikan rambu lalu lintas.






Dari kurangnya perhatian anda pada keadaan sekitar saat mengendarai mobil maka, anda bisa kecelakaan. Kalau kecelakaan ringan tidak apa tetapi bila mengalami kecelakaan yang besar berakibat pada kematian maka, anda harus mengurangi penggunaan headset tersebut. Utamakan keselamatan anda, karena mendengarkan headset bisa dilain waktu. 


Manfaat dan bahaya menggunakan headset memang ada, jadi anda harus selalu memperhatikannya. Manfaat headset memang positif dan sangat memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Masih banyak yang belum mengetahui manfaat dan bahaya menggunakan headset sehingga sebagai orang yang mengetahuinya, anda harus memberitahu kepada orang lain.


Saat memberitahu orang lain, anda harus detail menjelaskan manfaat dan bahaya menggunakan headset. Terutama pada bahaya menggunakan headset terlalu sering. Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya yang paling tidak memperhatikan manfaat dan bahaya menggunakan headset adalah anak-anak. Mereka menganggapnya terlalu remeh sehingga banyak anak yang kehilangan pendengaran diusia muda

Artikel Terkait

Bahaya Mengunakan Heandset Bagi Telinga
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email