Tuesday

Golongan Manusia Yang Ada Di Dunia Wajib Diketahui Orang Muslim

3 Golongan Manusia Didalam Dunia
ada 3 golongan manusia yang ada didunia wajib diketahui orang muslim, karena dengan kita  mengetahui golongan manusia kita bisa mengintropeksi diri sejauh mana keimanan kita kepada Allah. jika kita tergolong dari orang yang tidak baik kita bisa memperbaiki diri supaya menjadi lebih baik lagi.
berikut 3 golongan manusia di dunia : 
Pertama yaitu orang muslim yang mudah dalam menjalankan ibadah kepada Allah ( dimudahakan urusan ahirat ) dan baginya kesulitan dalam urusan dunianya maka dia pewaris para nabi.

قال شيخنا الناظم (الحبيب عبد الله بن علوي الحداد) في الكلام المنثور:
من تيسرت له مطالبه الاخروية وتعسرت عليه مطالبه الدنيوية...فهو من ورثة النبيين


Berkata AlHabib Abdullah bin Alawy Alhaddad ra :
"Barangsiapa dimudahkan baginya urusan akhiratnya dan sulit baginya urusan dunianya, maka dia termasuk dari golongan Pewaris para nabi.
orang muslim yang dimudahkan urusan dunianya dan ahiratnya maka dia adalah tergolong ashabul yamin.
ومن تيسرت له مطالبه الدنيوية والاخروية...فهو من اصحاب اليمين
Dan barang siapa yang dimudahkan baginya urusan dunianya dan akhiratnya, maka dia termasuk dari golongan ashaabul yamiin.
Kedua yaitu orang yang dimudahkan urusan dunianya tetapi sulit dalam urusan akhiratnya maka dia golongan orang yang mendapatkan Istidroj.



ومن تيسرت له مطالبه الدنيوية وتعسرت عليه مطالبه الاخروية...فهو من المستدرجين


Dan barang siapa yang dimudahkan baginya urusan dunianya, tetapi sulit baginya urusan akhiratnya, maka dia termasuk dari golongan manusia yang mendapat istidroj.
Ketiga Yaitu Orang yang disulitkan dunianya dan ahiratnya maka dia golongan orang yang di benci.

ومن تعسرتا عليه...فهو من الممقوتين


Dan barang siapa yang di sulitkan urusan dunianya dan juga sulit urusan akhiratnya, maka dia termasuk dari golongan orang yang di benci."
itulah golongan manusia yang perlu diketahu bagi kita , untuk dijadikan tolak ukur dalam diri sendiri supaya kita bisa merubah diri dari yang tidak baik menjadi baik.
mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua aamii. dan kita semua dijadikan hamba Allah yang dimudahkan dalam urusan akhirat dan dimudahkan pula urusan duniawiyah untuk kepentingan akhirat. aamiin.

Baca Juga Artikel Lainya Yang Menarik :

Artikel Terkait

Golongan Manusia Yang Ada Di Dunia Wajib Diketahui Orang Muslim
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email