Saturday

Keutamaan Puasa Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan
MARTIZAINFO_ Pada artikel kali ini, akan mengurai bersama mengenai keutamaan Ramadhan dan puasa di dalamnya. Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan amal yang saleh. Dan mudah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang memiiki keutamaan yang besar.

Keutamaan Puasa Bulan Ramadhan.
didalam bulan ramadhan Allah Menurunkan Al-Quran sebagai wahyu Allah Yang Di turunkan Kepada Nabi Muhamad Melalui Malaikat Jibril. 
Baca Juga : Keutamaan Puasa Di Bulan Rajab
puasa di bulan ramadan itu di wajibkan kepada semua umat islam berdasarkan al-Qur'an Surat al-baqoroh ayat : 185

 شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah [2] : 185)


Dalam Bulan Ramadhan banyak keutaman yang akan kita dapat bagi umat islam sehingga Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan.

Keutamaan bulan Ramadhan sebetulnya tidak bisa kita hitung, tetapi saya di sini akan menjelaskan hanya beberapa keutamaan yang sering banyak disebut umat islam

Pertama, Bulan penuh berkah

Inilah alasan mengapa bulan Ramadhan juga disebut sebagai malam seribu bulan. Karena saat seorang muslim melakukan sebuah kebaikan di bulan Ramadhan, ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.
Baca Juga : Keutamaan Puasa Nisyfu Sa'ban
Kedua, puasa menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

“Siapa saja yang berpuasa di bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan ridha Allah, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari).

Ketiga, Terdapat malam Lailatur Qadar  

Malam ini merupakan malam yang didamb-dambakan oleh setiap umat musli saat bulan Ramadhan. Malam yang terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini merupakan malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun di malam Lailatul Qadar.

Keempat, ada Surga khusus bagi orang-orang yang berpuasa.

“Sesunguhnya di surga ada sebuah pintu yang disebut ar-Royyan. Pada hari kiamat akan masuk dari pintu itu orang-orang yang berpuasa dan pintu itu tidak akan dilalui oleh seorang pun selain mereka. Dikatakan pada hari itu, ‘Mana orang-orang yang rajin berpuasa?’ Maka mereka pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang ikut masuk melainkan mereka. Setelah mereka masuk, pintu itu pun dikunci, hingga tidak ada seorang pun yang masuk setelahnya.” (HR. Bukhari).
Baca Juga : Keutamaan Puasa Bulan Syura 

Kelima, Allah kabulkan doa orang yang berpuasa.



“Ada tiga doa yang tdak akan ditolak oleh Allah Ta’ala, yaitu dua orang yang berpuasa sampai ia berbuka, doa seorang pemimpin yan gadil, dan doa orang-orang yang teraniaa. Allah akan mengangkat doa-doa tersebut ke atas awan dan Dia akan membukakan pintu langit bagi doa tersebut. Allah akan berkata, “Demi keagungan-Ku, sungguh aku akan menolongmu walaupun secara tidak langsung.” (HR. Tirmidzi) 

Keenam,Amal sholeh yang berlipat ganda

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa bulan Ramadhan adalah waktu dimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT maka nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan ini juga, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan amalan sholeh lainnya.

Ketujuh, puasa merupakan kafarat dari sekian banyak kafarat. 

“Fitnah seorang laki-laki yang disebabkan keluarganya, hartanya, dan tetangganya, akan ditebus oleh kifarat dari sholat, puasa, dan sedekahnya.” (HR. Bukhari).


Kedelapan, puasa menjadi syafaat di hari kiamat.

“Puasa (Ramadhan) dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat. Puasa akan berkata, “Wahai Rabb, aku mencegahnya makan dan minum di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya. Dan Al-Qur’an berkata, Wahai Rabb, aku mencegahnya tidur di malam hari, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya.” (HR. Ahmad).

Itulah keutaman Ramadhan bulan yang dipenuhi keberkahan,

Artikel Terkait

Keutamaan Puasa Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel saya? Silakan berlangganan gratis via email